LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Wisata Religi Lombok Dibalik Pesona Alam yang Memukau

Wisata Religi Lombok – Indonesia yang merupakan Negara kepulauan mempunyai spot pariwisata alam yang sangat eksotis. Mulai dari gunung, pantai, dan goa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, kesemuanya mempunyai keunggulan yang mampu menarik para wisatawan baik itu wisatawan lokal, bahkan mancanegara. Dan salah satu daerah yang eksotis dan terkenal karena potensi wisatanya adalah Pulau Lombok.

Pulau yang terkenal akan keindahan pantai, gili dan gunung Rinjani-nya ini sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan. Akan tetapi bukan itu saja, selain mempunyai destinasi wisata alam yang eksotis, Lombok juga mempunyai beberapa destinasi wisata religi yang layak dikunjungi. Nah, mana saja lokasi wisata religi di Lombok tersebut?

Baca juga : Pantai Tanjung Ringgit, Potret Kecantikan Alam di Ujung Lombok

Deretan Wisata Religi Dibalik Pesona Alam Pulau Lombok

  1. Makam Batu Layar

Makam Batu Layar mreupakan salah satu destinasi wisata religi terkenal di Lombok. Ada dua versi tentang identitas dari makam yang terletak di kecamatan Ampenan, tidak jauh dari Kota Mataram ini. Versi pertama menyebutkan bahwa makam tersebut adalah makam dari keturunan Nabi Muhammad SAW, sedangkan versi yang lain menyebutkan bahwa makam tersebut adalah makam dari seorang ulama besar bernama Syeikh Syayid Muhammad Al Bagdadi.

Cerita yang ada pada Makam Batu Layar ini adalah disebutkan bahwa yang berada dalam makam tersebut bukanlah jasad dari sang ulama, melainkan sebuah kopiah dan sorban yang ditinggalkan. Biasanya, makam ini ramai dikunjungi para peziarah pada 7 hari selepas Hari Raya Idul Fitri atau warga biasa menyebutnya dengan Lebaran Ketupat.

Makam Batu Layar

Makam Batu Layar

  1. Makam Loang Baloq

Loang Baloq sendiri dalam bahasa Sasak mempunyai arti Pohon Beringin yang Berlubang, dan memang benar bahwa makam ini sendiri terletak di pohon beringin besar yang berlubang. Lokasi makam ini tepatnya di desa Tanjung Karang, kecamatan Ampenan,.

Makam yang biasanya ramai dikunjungi peziarah pada Hari Raya Idul Fitri dan juga pada saat Maulid Nabi Muhammad SAW ini diyakini milik seorang ulama besar Lombok bernama Syeikh Abdurrazaqk, beliau berasal dari Baghdad.

Ada acara menarik yang dilakukan warga sekitar dimakam ini, yaitu upacara Ngurisan. Ini merupakan upacara adat pemotongan rambut anak balita sebagai bentuk rasa syukur seta menolak bala’ bagi si balita.

  1. Masjid Kuno Gunung Pujut

Masjid ini, bisa dibilang sebagai saksi sejarah tentang perkembangan Agama Islam di Lombok. Masjid yang terbuat dari bambu dengan atap alang alang ini terletak di desa Sengkol, kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Masjid yang berukuran 8,6 x 8,6 meter ini mempunyai empat saka guru atau tiang penyangga utama serta 28 tiang penyangga biasa yang sekaligus yang juga berfungsi untuk menempelkan dinding masjid. Dalam sejarahnya, masjid ini juga tercatat sebagai Pedewa, yaitu tempat sarana untuk ritual penganut ajaran Wetu Telu. Tetapi sekarang Masjid Kuno Gunung Pujut sudah masuk dalam kategori bangungan monument mati.

Wisata religi di Lombok Masjid Kuno Gunung Pujut

Wisata religi di Lombok Masjid Kuno Gunung Pujut

  1. Pura Gunung Pengsong

Pura ini merupakan salah satu pura yang sering dikunjungi oleh para wisatawan sekaligus umat hindu yang ingin beribadah disana. Nuansa religi dibalut pesona alam yang mempesona membuat pura ini mempunyai nilai lebih tersendiri.

Terletak pada ketinggian 200 meter dpl, Pura Gunung Pengsong menyajikan pemandangan apik khas Lombok sekaligus anda juga bisa melihat puncak Gunung Rinjani dari pura ini ketika cuaca sedang cerah.

Baca juga : Pesona Keindahan Pantai Tangsi atau Pantai Pink Lombok

Empat destinasi wisata tersebut merupakan destinasi Wisata Religi Lombok yang ramai dikunjungi oleh para peziarah dan wisatawan. Untuk anda yang ingin berlibur ke Lombok sekaligus berwisata religi bisa mencoba untuk mengunjungi detinasi destinasi tersebut di atas.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.