RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Wisata Edukasi untuk Sang Buah Hati di Taman Pintar Yogyakarta

Memasuki euforia liburan bukan berarti hanya digunakan untuk menikmati keindahan pantai atau keindahan alam saja. Anda bisa mengajak keluarga, terlebih sang buah hati untuk mampir ke Taman Pintar Yogyakarta.

  • Aktivitas Seru di Taman Pintar

Mengapa kami merekomendasikan berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta? Taman Pintar Yogyakarta merupakan kawasan yang menyajikan banyak wahana edukasi sekaligus bermain. Anda tak perlu takut keluarga dan anak-anak merasa jenuh. Sebab. Taman Pintar ditata sedemikian rupa sehingga pengunjung tidak hanya bisa melihat tapi juga ikut merasakan secara langsung, jadi bisa lebih paham.

Menariknya, wahana ini bisa dinikamati segala usia mulai dari pra TK hingga dewasa. Nah, penasaran kira-kira apa saja keseruan yang didapat di  Taman Pintar Yogyakarta?

  • Belajar Sejarah di Gedung Memorabilia

Bung Karno pernah mengatakan bahwa jangan sekali-kali melupakan sejarah. Di gedung memorabilia, Anda bisa menebak sejauh mana pengetahuan sejarah yang selama ini diterima ketika duduk di bangku sekolah. Ya, gedung memorabilia memang menyediakan tiga wahana yang berfungsi untuk mengenang sejarah. Tiga wahana tersebut adalah sejarah Kasultanan Kraton, tokoh pendidikan dan kepustakaan kepresidenan.

Taman Pintar yogyakarta

Taman Pintar yogyakarta

  • Tambah Ilmu Pengetahuan di Gedung Kotak dan Oval

Tak cuma mengenang sejarah, memasuki gedung oval dan kotak, Anda sekeluarga bisa menambah pengetahuan sekitar. Pengunjung bisa menikmati 10 zona di gedung kotak dan 12 wahana di gedung oval.

Masuk ke gedung kotak, Anda bisa belajar mengenai Candi Borobudur, pengolahan susu, peraga turbulensi, tokoh wayang, keris hingga pengolahan minyak gas dan bumi. Sedang berada di gedung oval, Anda sekeluarga bisa mempelajari mengenai kehidupan purba, teknologi komunikasi, hingga cuaca iklim dan gempa.

  • Uji Pengalaman Menjadi Presenter

Tertarik berbicara di depan kamera dan berbincang ringan layaknya presenter di televisi? Anda bisa mencobanya ketika berada di Taman Pintar Yogyakarta. Wahana ini tidak hanya untuk dewasa, anak-anak pun bisa mencobanya. Misalnya, Anda dan buah hati bisa mencoba berdua menirukan acara parenting dengan gaya sesuka hati.

  • Melatih Sisi Seni di Program Kreativitas

Tertarik belajar seni batik secara langsung dan ikut melakukannya? Di Taman Pintar Yogyakarta Anda bisa mencobanya. Tidak hanya itu, di sana juga tersedia kreasi lainnya seperti lukis gerabah, lukis kaus, hingga mencoba hand on science.

  • Uji Ketangkasan di Playground Area

Bila para orangtua merasa perlu beristirahat, anak-anak bisa mencoba playground area. Buah hati bisa bermain air dengan banyak alat peraga gratis di area tersebut.

  • Lokasi

Taman Pintar Yogyakarta terletak di lokasi yang strategi tepatnya di depan Bank Indonesia atau kurang lebih 200 meter di sebelah timur perempatan jalan Malioboro. Anda bisa mengakses dengan berjalan kaki atau naik becak dari stasiun Tugu.

  • Fasilitas

Untuk memudahkan pengunjung, pihak Taman Pintar telah menyediakan lapangan parkir, toilet, atm center, foodcourt, musola hingga lift khusus penderita berkebutuhan khusus. Di sana juga disediakan ruang audiovisual yang bisa menampung 40 orang.

  • Tiket

Untuk bisa masuk Taman Pintar Yogyakarta, Anda perlu merogoh kocek Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 18.000 untuk dewasa. Harga ini khusus bukan untuk rombongan. Anda bisa mendapat harga khusus bila berkunjung dengan rombongan sekolah atau instansi lainnya. Harga tersebut juga tidak termasuk tiket wahana lainnya.

Baca juga : Menikmati Pesona Keindahan Kotagede Yogyakarta

  • Jam Operasional

Taman Pintar buka setiap hari Selasa hingga Minggu pada pukul 09.00 – 16.00 . Khusus pada hari Senin, wisata edukasi tersebut tutup tapi bila bertepatan dengan hari libur nasional, justru buka.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.