LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Wajib Baca! Berikut Tips Liburan ke Pantai yang Berpotensi Tsunami

Pantai adalah salah satu objek wisata yang difavoritkan oleh banyak orang. Hal ini terbukti dengan kondisi pantai yang selalu ramai saat liburan. Namun sayangnya, selain dikenal sebagai negara yang mempunyai banyak pantai yang indah, Indonesia juga dikenal sebagai daerah yang rawan gempa serta tsunami. Kondisi ini cukup mengkhawatirkan mengingat dua bencana tersebut tidak bisa diprediksi.

liburan di pantai

Tidak heran kiranya jika kemudian ada segelintir orang yang enggan berwisata ke pantai karena alasan tersebut. Nah, di bawah ini ada berbagai tips liburan ke pantai yang bisa Anda terapkan supaya Anda tetap merasa aman sekalipun tengah berwisata di pantai yang berpotensi tsunami, antara lain

Baca juga : Deretan pantai terbaik di Indonesia

Tips Liburan ke Pantai yang Berpotensi Tsunami

Carilah Jalur Evakuasi

Sebagian besar pantai di Indonesia terutama yang populer di kalangan wisatawan akan dilengkapi dengan jalur evakuasi tsunami. Jalur evakuasi ini biasanya ditandai oleh plang yang berbentuk panah, berwarna orange dan bertuliskan JALUR EVAKUASI. Pada saat berangkat, usahakan agar Anda melewati semua plang tersebut lalu ingat-ingatlah letaknya.

Kalau Anda tidak bisa menemukan plang yang dimaksud, silahkan Anda tanya pada warga lokal, petugas parkir, pemilik warung atau siapapun yang menurut Anda bisa memberikan informasi tersebut.

Coba Perhatikan Bukit yang Ada di Dekat Pantai

Memang tidak semua pantai ada bukitnya, akan tetapi tak ada salahnya jika setelah sampai di tujuan, Anda menoleh ke kanan dan ke kiri dulu untuk memeriksanya. Jika Anda berhasil menemukan bukit tersebut, cobalah perkirakan tinggi dan jaraknya dari posisi Anda berdiri. Kemudian perkirakan juga apakah tinggi dan jarak bukit tersebut memperbesar kemungkinan Anda untuk selamat dari tsunami atau tidak.

Segera Hentikan Aktifitas saat Gempa Terjadi

Tips liburan ke pantai yang berpotensi tsunami selanjutnya adalah segera hentikan aktifitas saat gempa terjadi. Pantai memang memungkinkan Anda untuk selamat dari ancaman bangunan roboh karena jarang sekali ada bangunan di pinggir pantai, akan tetapi pantai adalah daerah rawan tsunami yang harus selalu Anda waspadai.

Jadi, jika Anda merasa tempat yang Anda pijak itu bergetar, silahkan segera hentikan apapun aktifitas yang tengah Anda lakukan lalu ajaklah orang-orang yang datang bersama Anda untuk ikut menjauh dari pantai. Jangan ditunda sedikitpun apalagi jika Anda mendengar, melihat atau membaca informasi atau pengumuman mengenai potensi tsunami yang bisa terjadi akibat gempa tersebut.

Segera naiki mobil atau kendaraan yang Anda bawa untuk menjauh. Jika Anda tidak membawa kendaraan silahkan Anda menuju ke jalur evakuasi atau bukit yang lumayan tinggi yang ada di sekitar pantai. Jangan hiraukan barang bawaan Anda karena bagaimanapun juga keselamatan Anda lebih utama.

Baca juga : Berlibur di Trans Studio bersama keluarga

Jangan Panik

Ketika kita melakukan simulasi bencana, kita diajarkan untuk tidak panik. Nah, silahkan Anda terapkan ajaran tersebut karena panik memang tidak akan membantu Anda sama sekali. Tetaplah tenang dan segera langkahkan kaki menuju jalur evakuasi. Abaikan saja orang-orang yang berlari tak karuan, tetapi kalau bisa ajaklah mereka untuk segera menyelamatkan diri seperti Anda.

Jangan Coba-Coba Berenang di Pantai yang Diberi Bendera Merah

Tips liburan ke pantai yang selanjutnya adalah jangan berenang di pantai yang ada bendera merahnya. Ada beberapa pantai yang mempunyai ombak dan pasang surut yang cukup ekstrem seperti yang ada di Pulau Bali bagian barat daya, dari Kuta sampai dengan Canggu.

Pada bulan-bulan tertentu, petugas akan memasang bendera merah tersebut untuk memperingatkan pengunjung bahwa pantai sedang tidak aman untuk dipakai bermain air termasuk berenang. Jadi, kalau Anda melihat ada bendera merah yang terpasang di pantai tujuan Anda, ingatlah jangan sekali-kali turun ke air.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.