LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Usaha yang Cocok Ketika Pensiun

KeluargaSamawa.com – Sudahkah anda mempersiapkan apa yang anda ingin lakukan pada saat anda pensiun? Pada saat anda pensiun pendapatan yang akan anda dapatkan tidak akan sebesar pada saat anda masih aktif bekerja, atau bahkan sama sekali tidak ada penghasilan. Kebutuhan hidup akan terus ada, bahkan sangat mungkin terus bertambah. Lalu apa yang harus anda lakukan?. Memiliki usaha tentu merupakan salah satu solusi untuk bisa tetap mempunyai penghasilan, dan memiliki kesibukan. Lantas, kira-kira apa usaha yang cocok ketika pensiun yang bisa dilakukan dengan tenaga/fisik yang terbatas?

  • Bisnis Properti

Bisnis properti salah satu usaha yang cocok ketika pensiun. Berinvestasi di bidang properti tidak memerlukan kegiatan fisik yang  melelahkan, jadi cocok  buat para pensiunan di usia senjanya. Anda bisa memanfaatkan properti yang dimiliki untuk dibuat kos-kosan, kontrakan, atau tak ada salahnya jika kita menjadi makelar jual beli properti, atau jika punya modal yang cukup, bisa mempertimbangkan untuk menjadi broker properti.

  • Mulailah Berbisnis Sesuai Hobi

Sangat menyenangkan bila anda bisa menjadikan hobi anda menjadi lahan bisnis pada saat masa pensiun. Pada masa pensiun, anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk menekuni hobi dan menjadikanya lahan bisnis untuk anda. Contohnya, hobi berkebun, bercocok tanam, pertanian, otomotif, seni lukis dan lainnya, yang penting bisa mendatangkan uang.

  • Agrobisnis

Agrobisnis adalah salah satu usaha yang cocok ketika anda pensiun. Jika anda tinggal didaerah pedesaan, atau pinggiran kota yang masih mempunyai lahan luas, anda bisa memanfaatkanya untuk usaha dibidang agrobisnis.

Banyak orang yang sudah mencoba menekuni agrobisnis dan sukses. Berbisnis dibidang pertanian, peternakan dan perkebunan sayur organik  bisa anda jadikan salah  satu pilihan, dan tentunya resiko nya relatif kecil jika dibandingkan dengan bisnis yang lain.

Baca juga : Tips Supaya Pekerjaan tidak Menjadi Beban

usaha yang cocok untuk pensiunan

usaha yang cocok untuk pensiunan

  • Kuliner

Bisnis yang satu ini tidak akan pernah ada habisnya. Karena kebutuhan akan makanan tidak akan pernah habis. Berbisnis kuliner saat ini, harus lebih kreatif dan menawarkan sesuatu yang unik, rasanya enak, higienis dan tentunya harga yang bersahabat.

Hal ini juga bisa berkaitan dengan poin 2 diatas, usaha yang cocok ketika pensiun untuk anda misalnya cafe dan resto yang menyajikan menu makanan sehat. Anda bisa menggunakan bahan-bahan makanan dari kebun anda sendiri, sehingga akan lebih terjamin dan menguntungkan.

  • Transportasi

Perkembangan bisnis sarana transportasi saat ini semakin pesat. Selain kebutuhan yang terus meningkat, banyak kemudahan jika anda ingin berbisnis transportasi dengan menggunakan aplikasi-aplikasi transportasi online

Sebagai pensiunan anda memiliki banyak waktu untuk bisa menekuni bisnis ini. Anda bisa menawarkan jasa penyewaan kendaraan, taksi online, antar jemput karyawan dan anak sekolah.

Baca juga : Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menguntungkan

Nah itu dia  beberapa ide usaha yang cocok ketika pensiun. Semoga bisa dijadikan referensi bagi anda yang ingin mencoba berbisnis setelah pensiun. Selain dilihat dari segi keuntungan, resikonya pun juga tak terlalu besar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.