Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menguntungkan

Punya banyak waktu luang dan bingung mau ngapain? Mau buka usaha tapi modalnya terbatas? Tenang saja sekarang sudah banyak peluang untuk menjalankan usaha sampingan modal kecil cukup dengan modal 500 ribu sampai 1 juta saja. Nah mau tahu jenis usaha apa yang bisa dijalankan dengan modal kecil tersebut?

Berikut telah kami rangkum beberapa alternatif usaha sampingan modal kecil yang bisa anda pertimbangkan salah satunya.

  1. Les Privat

Les privat bisa menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan salah satu usaha sampingan modal kecil. Anda bisa mendaftar di lembaga khusus yang menyediakan jasa les privat atau anda bisa memulai sendiri dengan memberikan les privat pada anak sekolah di sekitar tempat tinggal anda.

Modal yang anda butuhkan untuk usaha sampingan ini sangat kecil, jika jarak rumah tempat anda memberikan les privat agak jauh, anda hanya butuh modal untuk biaya transportasi dan beberapa perlengkapan berupa alat tulis menulis dan perlengapan lain yang bisa menunjang kelancaran proses belajar.

usaha sampingan modal kecil

usaha sampingan modal kecil

  1. Jual Pulsa Elektrik

Jual pulsa elektrik sangat cocok menjadi usaha sampingan bagi karyawan dan mahasiswa yang punya relasi luas yang bisa dijadikan calon pelanggan. Untuk memulai usaha sampingan ini anda hanya membutuhkan HP dan modal awal sebagai saldo awal pulsa (sekitar 500 ribu atau lebih).

Di periode awal anda memulai usaha ini mungkin keuntungannya relatif sedikit dibanding usaha lainnya, namun jika ditekuni dengan baik dan pelanggan makin banyak, maka keuntungannya pun tentu bisa lebih besar. Karena seperti yang kita tahu, pangsa pasar untuk usaha ini sangat luas karena hampir semua orang pastinya akan membutuhkan pulsa, baik itu untuk komunikasi ataupun  untuk internet.

  1. Jasa Penerjemahan

Jika anda punya keahlian khusus di bidang bahasa asing (terutama bahasa Inggris), sebaiknya anda manfaatkan keahlian itu membuka jasa penerjemahan. Jika anda mahasiswa, anda bisa memulai mencari pelanggan di antara teman – teman kampus anda terlebih dahulu.

Jika anda memang punya keahlian di atas rata – rata dan terpercaya bisa menerjemahkan dengan baik, peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan di bidang ini sangat besar karena tarif menerjemahkan umumnya 10 ribu sampai 30 ribu per halaman (tergantung tingkat kesulitannya). Bisa dibayangkan penghasilan yang anda peroleh jika usaha sampingan modal kecil ini anda tekuni dengan baik.

  1. Online Shop/ Dropshiping

Kemajuan teknologi dan ketersedian fasilitas internet membuat bisnis online shop semakin merajalela, apalagi dengan adanya sistem dropship. Sistem dropship memungkinkan anda untuk menjual produk tanpa menyetok atau membeli dulu. Anda bisa langsung menjual produknya ke pelanggan dan dikirim oleh distributor/agen dengan atas nama anda.

Baca juga : Tips Mengatur Gaji Bulanan Keluarga Secara Efektif

Dengan sistem seperti itu tentu saja bisa memberi kesempatan kepada orang-orang yang ingin berbisnis online tapi tidak punya modal untuk menyediakan produk langsung. Namun, jika anda ingin menjalankan online shop dengan sistem dropshiping sebaiknya mencari partner (distributor/agen) yang terpercaya atau mungkin sudah anda kenal sebelumnya, untuk menghindari risiko-risiko yang tidak diinginkan.

Nah, itulah diatas beberapa jenis usaha sampingan modal kecil yang bisa anda pilih dan tekuni.

Discussion

Leave a Reply