LiburanLiburan Asik !!

Ulasan Tahapan Pernikahan Dalam Islam

Jika umumya anda mendengar istilah pacaran sebelum menikah, maka berbeda dengan Islam. Dalam Islam tidak ada yang namanya pacaran. Apa bila anda menyukai seseorang maka anda disarankan untuk menikahi orang tersebut agar bisa mencurahkan rasa cinta dan kasih sayang dengan cara yang tepat. Ada pun, terdapat beberapa tahapan pernikahan dalam Islam yang perlu anda jalan sebelum mencapai tahap pernikahan. Jika anda telah melewati 4 tahap tersebut dengan baik, baru lah anda bisa melangsungkan acara pernikahan.

Beberapa tahapan pernikahan dalam Islam tersebut meliputi, ta’aruf, khitbah, nikah, dan walimah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai tahapan pernikahan tersebut.

Ulasan Tahapan Pernikahan Dalam Islam
Ulasan Tahapan Pernikahan Dalam Islam

Ta’aruf ini merupakan tahap perkenalan antara kedua belah pihak yang akan melangsungkan pernikahan. Pada tahap ini, kedua belah pihak akan menceritakan tentang keadaan dari keluarga masing masing, saling berbagi harapan dan prinsip hidup masing masing, dan saling memberitahu apa saja yang disukai dan tidak kepada calon pasangan. Dalam tahap ini terdapat pula beberapa kaidah yang harus diikuti oleh kedua belah pihak. Beberapa kaidah tersebut meliputi, saling menghormati apa yang disampaikan oleh lawan bicara, mengikuti peraturan pergaulan Islam, tak berkhalwat dan tak mengumbar pandangan.

Baca juga : Inilah Tata Cara Serta Adab Ta’aruf Menurut Islam

  • Khitbah

Khitbah merupakan lamaran dimana tahap ini adalah jalan pembuka menuju pernikahan. Pada tahap ini, kedua belah pihak telah membuat kesepakatan untuk menikah meski pun belum menguvapkan ijab kabul. Selain itu, dalam khitbah ini terdapat beberapa batasan. Batasan dalam khitbah ini terdiri atas, khitbah umumnya dilakukan oleh pria kepada orangtua atau wali dari wanita, khitbah bukan lah syarat sah dalam pernikahan, jangan terlalu lama dalam waktu khitbah karena ada baiknya untuk menikah dalam waktu yang lebih cepat, dan haram hukumnya untuk meminang pinangan saudaranya sendiri.

Baca juga : Pengertian, Hukum dan Tata Cara Khitbah yang Benar Menurut Islam

  • Nikah

Nikah merupakan acara dimana seorang pria secara resmi meminang wanita di mata hukum dan agama. Pada saat menikah seorang pria wajib untuk memberikan mahar, dan melakukan akad nikah. Apa bila acara pernikahan telah dilangsungkan maka kedua belah pihak sudah dinyatakan sebagai pasangan yang resmi dan halal.

  • Walimah

Walimah merupakan acara resepsi. Tahap ini sangat disarankan oleh Rasulullah SAW. Ada pun dalam tahap walimah ini terdapat beberapa hal yang patut untuk diperhatikan. Beberapa hal tersebut meliputi, sebaiknya acara walimah diadakan maksimal 3 hari setelah pernikahan, mengundang orang-orang baik yang shalih mau pun fakir, dan bila mampu sebaiknya menyembelih 1 kambing atau lebih pada saat walimah.

Dalam islam anda perlu mengikuti tahapan pernikahan yang benar sesuai dengan hukum islam. Demikian pembahasan tentang ulasan tahapan pernikahan dalam islam. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.