Trik Menguasai Bahasa Jepang dengan Mudah dan dalam Waktu Singkat

0
13

Menguasai bahasa asing pasti menjadi poin plus tersendiri bagi Anda saat melamar kerja. Apalagi jika Anda berniat melamar kerja ke perusahaan multi-nasional. Salah satu bahasa asing yang banyak dibutuhkan oleh dunia kerja era masa kini adalah bahasa Jepang.

Mahir berbahasa Jepang bukanlah hal yang mustahil bagi Anda, walaupun Anda tak pernah mengenyam pendidikan di bidang bahasa asing ini. Nah, jika Anda ingin menguasai Bahasa Jepang dengan cepat, maka ada beberapa tips yang dapat diterapkan. Apa saja itu?

  1. Niat, Tekat, dan Motivasi yang Kuat untuk Belajar

Belajar bahasa asing memang bukanlah suatu hal yang mudah. Namun jika Anda telah berniat untuk belajar, maka sesuatu yang sulit pasti akan menjadi mudah. Temukanlah motivasi mengapa Anda belajar Bahasa Jepang, misalnya apakah karena ingin menonton anime tanpa subtitle, ingin tinggal di Jepang, ingin bekerja di luar negri atau jepang, atau ingin melanjutkan studi ke negara tersebut. Motivasi akan membantu memantapkan niat dan tekat Anda belajar Bahasa Jepang.

belajar bahasa jepang
belajar bahasa jepang
  1. Pelajari Kata-kata Dasar Bahasa Jepang

Mulailah belajar Bahasa Jepang dari hal-hal yang mudah terlebih dulu. Kuasailah kalimat yang biasa diucapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti kata aku, kamu, Anda, halo, selamat pagi/siang/malam, dan sebagainya. Anda dapat mempelajari kosakata ini dari buku dasar Bahasa Jepang yang banyak beredar di toko buku.

Baca juga : Tips Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri

  1. Belajar Tata Bahasa Jepang dengan Sungguh-sungguh

Setelah Anda menguasai kosakata yang sehari-hari digunakan dalam Bahasa Jepang, maka saatnya Anda belajar tata bahasanya juga. Cobalah mempelajari bagaimana pola penempatan subyek, predikat, dan obyek dalam Bahasa Jepang. Selain itu, belajarlah bagaimana pola penyusunan kalimat dalam konteks waktu saat ini, di masa lampau, dan di waktu yang akan datang.

  1. Perbanyak Kosakata tentang Bahasa Jepang

Semakin banyak kosakata yang Anda kuasai, maka kemampuan Bahasa Jepang Anda akan semakin bagus. Cobalah untuk memperbanyak kosakata Anda dengan cara yang menyenangkan misalnya melalui film, musik, atau komik berbahasa Jepang.

  1. Jangan Ragu untuk Latihan Berbicara

Bahasa Jepang juga memiliki cara pengucapan yang berbeda. Jepang juga memiliki logat berbicara yang khas. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk latihan berbicara Bahasa Jepang yang baik dan benar.

  1. Cari Referensi Pembelajaran Online

Jangan terpaku hanya pada satu sumber belajar saja. Saat ini sudah banyak sumber belajar yang dapat kita peroleh secara online. Anda dapat mencari situs-situs belajar Bahasa Jepang dan ikutilah kegiatannya. Selain itu, Anda juga dapat mencari video-video belajar Bahasa Jepang dari internet.

  1. Belajar Kebudayaan Jepang

Belajar bahasa bukan hanya terbatas pada kata dan pembicaraan saja. Untuk lebih memahami seluk beluk Negara Jepang, Anda juga harus mempelajari budayanya juga. Hal ini akan memudahkan Anda dalam membahasa suatu topik tentang Negara Jepang. Selain itu, kosakata Bahasa Jepang Anda juga akan bertambah dengan istilah-istilah kebudayaan yang ada di negara ini.

  1. Berinteraksi dengan Orang Jepang Langsung

Jika di sekitar Anda ada orang Jepang, maka jangan malu untuk berinteraksi dengan orang tersebut. Jangan rendah diri dengan kosakata dan tata bahasa yang belum Anda kuasai sepenuhnya. Mereka pasti akan memahami bahwa Anda masih belajar dan justru akan membantu Anda menguasai Bahasa Jepang dengan lebih cepat.

  1. Mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Tempat Terbaik

Jika Anda memiliki dana lebih, maka tak ada salahnya Anda mengikuti kursus Bahasa Jepang. Pilihlah kursus dengan jadwal yang intensif (misalnya setiap hari atau 2 hari sekali) agar ilmu yang Anda dapat lebih mantap.

Baca juga : Tips Jitu Lulus Ujian CPNS

Itulah 9 tips cara menguasai Bahasa Jepang dengan cepat yang dapat Anda terapkan. Selamat Belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.