Tips Supaya Terhindar dari Hutang saat Melangsungkan Pesta Pernikahan

0
24

Tidak bisa dipungkiri bahwa pesta pernikahan membutuhkan biaya yang banyak. Dan seringkali hanya karena gengsi dan ingin mengadakan upacara pernikahan yang mewah, banyak pasangan yang sampai berhutang untuk menutupi biaya tersebut. Padahal sadar atau tidak, hutang bisa berdampak pada harmonisnya kehidupan rumah tangga nantinya, apalagi jika hutangnya tidak lunas – lunas dalam waktu yang lama.

Nah untuk itu, buat anda yang ingin merencanakan pernikahan, berikut kami bagikan beberapa tips agar terhindar dari hutang saat melangsungkan pernikahan, seperti yang telah kami rangkum berikut ini.

Tips Supaya Terhindar dari Hutang saat Melangsungkan Pesta Pernikahan

  • Menabung dan Menyiapkan Dana Cadangan

Sudah menjadi rahasia umum jika biaya atau dana yang harus disipakan untuk upacara pernikahan tidaklah sedikit. Oleh karena itu jika Anda sudah berniat untuk menikah, maka mulailah menabung sedikit demi sedikit sebagai persiapan untuk biaya pernikahan. Kalau bisa siapkan dana cadangan yang bisa diambil jika sewaktu – waktu ada biaya tambahan, sehingga Anda tidak perlu berhutang untuk menutupi biaya tersebut.

tips agar terhindar dari hutang saat melangsungkan pernikahan
Tips Supaya Terhindar dari Hutang saat Melangsungkan Pesta Pernikahan
  • Membuat List untuk Daftar Prioritas

Buatlah list yang berisi tentang daftar prioritas. Mulai dari yang paling penting sampai yang kurang penting (atau bisa diminimalisir). Contohnya: jika Anda merasa bahwa menyewa hotel atau gedung resepsi pernikahan akan mahal, Anda bisa memilih alternatif mengadakan resepsi di rumah saja.

Atau jika Anda bisa menghandle sendiri atau ada keluarga yang mau membantu untuk persiapan pernikahan, sebaiknya tidak perlu memakai jasa wedding organizer. Dan jika Anda merasa bahwa biaya catering kemahalan, Anda bisa memilih kembali menu yang sesuai budget atau mereview kembali daftar tamu yang sekiranya tidak perlu diundang.

  • Menyiasati Souvenir dan Undangan

Walaupun jumlah per satuannya bisa dibilang kecil, namun jika ditotal biaya untuk undangan dan souvenir bisa lumayan menguras kantong. Untuk itu, idealnya pilih desain souvenir dan undangan yang sesuai dengan budget. Tidak usah yang terlalu mewah. Kalau bisa, Anda bisa memesan souvenir dan undangan pada satu vendor yang sama, siapa tahu Anda bisa mendapatkan diskon (karena pemesanan dalam jumlah banyak).

  • Acara Lamaran dan Pernikahan yang Sederhana

Banyak pasangan yang sampai berhutang banyak hanya karena mengikuti tren untuk mengadakan pesta pernikahan mewah. Apalagi jika acara lamaran yang sudah diadakan sebelumnya juga dilakasanakan dengan mewah.

Kalau memang Anda tidak bisa mengurangi biaya untuk acara resepsi, maka Anda bisa berhemat untuk acara lamaran. Acara lamaran bisa diadakan di rumah calon mempelai wanita saja tanpa mengundang banyak tamu, cukup kerabat dekat saja.

  • Hemat Biaya Perawatan Sebelum Menikah

Tak sedikit pasangan yang melakukan beragam perawatan kecantikan sebelum menikah. Sebenarnya sah-sah saja sih, asal biayanya tidak terlalu mahal. Atau jika perlu, carilah salon yang lumayan terjangkau. Lebih bagus lagi jika Anda bisa mendapatkan salon yang bisa menyediakan jasa untuk perawatan dan make up pernikahan sekaligus, sehingga jika disewa dalam bentuk paket biasanya akan lebih murah.

Baca juga : Beberapa Alasan Kenapa Anda Harus Segera Melamar Pasangan Anda

Nah, demikianlah diatas penjelasan singkat mengenai Tips Supaya Terhindar dari Hutang saat Melangsungkan Pesta Pernikahan. Semoga bisa bermanfaat, khususnya bagi Anda yang sedang mempersiapkan pernikahan. Ingat, setelah menikah akan banyak sekali kebutuhan yang harus anda cukupi, untuk keperluan hidup sehari-hari ataupun menyambut kehadiran sang buah hati kelak. Jadi, jika saat ini anda punya budget lebih, sebaiknya ditabung untuk keperluan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.