LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Supaya Anak tidak Kecanduan Main Gadget

KeluargaSamawa.com – Tips supaya anak tidak kecanduan main gadget . Seperti yang kita tahu, anak-anak masa sekarang sangat jauh berbeda dengan masa dulu. Bagaimana tidak, anak-anak masa sekarang sekalipun usianya masih balita bahkan sudah mengenal yang namanya gadget. Tidak hanya mengenalnya saja, tidak sedikit pula anak yang kecanduan main gadget.

Memang sih untuk beberapa hal gadget sangat berguna untuk anak, misalnya untuk pengenalan angka, huruf, pengenalan huruf latin, huruf hijaiyah, gerakan shalat dan lain-lain, tetapi jika anak sudah berlebihan dalam memakainya tentu ini bukanlah suatu hal yang baik. Nah, agar anak-anak tidak terlalu kecanduan main gadget, sebagai orang tua kita harus melakukan tindakan yang bijak. Dan mungkin beberapa tips yang kami bagikan berikut, bisa membantu Anda:

  • Alihkan pada Alternatif yang Lebih Sehat

Kebanyakan anak menjadikan gadget sebagai pengalihan dan sebagai sarana untuk menghilangkan kebosanan. Bahkan ada juga anak yang menjadikan gadget sebagai sarana untuk mengalihkan pikirannya dari tekanan yang tengah dialaminya.

Jika Anda merampas gadget mereka secara serta merta tentu ini bukanlah hal yang bijaksana. Jadi solusinya adalah dengan memberikan alternatif yang lebih sehat untuk anak, misalnya dengan mengikutkannya ke dalam berbagai kursus yang sesuai dengan bakat dan minat mereka atau bisa juga dengan mengajaknya bermain di luar. Dan jika mungkin perkenalkan juga mainan tradisional yang sekarang sudah mulai hilang.

Baca juga : Pentingnya bimbingan ketika anak menggunakan gadget

Tips Supaya Anak tidak Kecanduan Main Gadget

Tips Supaya Anak tidak Kecanduan Main Gadget

  • Berikan Aturan yang Ketat pada Anak dan Tetapkan Zona Tanpa Gadget di Rumah

Anda sebagai orang tua tentu memiliki kewajiban untuk mendisiplinkan anak, termasuk dalam hal penggunaan gadget ini. Anda bisa membuat beberapa aturan terkait dengan penggunaan gadget, tetapi sampaikan dengan jelas berapa lama mereka bisa menggunakan gadget dalam sehari, dari pukul berapa sampai pukul berapa.

Jika perlu kuasai gadget tersebut, dalam artian ketika bukan jam diperbolehkan main gadget, jagalah gadget di tangan Anda namun jika sudah waktunya bermain gadget berikanlah pada anak.

Selain itu, Anda juga bisa menetapkan zona tanpa gadget di rumah Anda, misalnya di meja makan atau kamar tidur. Anda bisa menyediaan satu tempat sebagai tempat penyimpanan semua gadget di luar kamar supaya anak Anda terbiasa meletakkan gadget di tempatnya.

  • Jangan Biarkan Anak Membawa Gadget saat Bermain di Luar

Nah, tips supaya anak tidak kecanduan main gadget yang ketiga adalah jangan membiarkan anak membawa gadget saat bermain di luar bersama temannya. Mengapa? Agar anak Anda benar-benar menikmati waktu bermain yang berkualitas dengan temannya.

Baca juga : Tips Berlibur Yang Edukatif Untuk Anak

  • Batasi Diri Anda Sendiri dalam Menggunakan Gadget Juga

Bukan hanya anak saja yang diberi peraturan agar membatasi dirinya dalam menggunakan gadget, tetapi Anda sebagai orang tua juga iya terutama saat sedang bersama anak. Mengapa demikian? Karena anak-anak pastinya belajar sesuatu dari orang tuanya. Jika orang tuanya memiliki kebiasaan bermain gadget tentu anak akan menirunya pula.

Nah, itulah diatas tips supaya anak tidak kecanduan main gadget. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk menyediakan waktu yang lebih banyak bermain dengan anak, agar dia bisa sedikit demi sedikit melupakan gadgetnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.