LiburanLiburan Asik !!

Tips Supaya Anak Tampil Percaya Diri

Di beberapa acara televisi memunculkan konsep pencarian bakat khusus anak. Sangat menggemaskan, tiap anak tampil di panggung dengan percaya diri dan tak malu-malu. Lalu bagaimana tips supaya anak tampil percaya diri? Berikut beberapa diantaranya.

  1. Jangan menakut-nakuti

Terkadang cara untuk membuat anak tak melakukan sesuatu yang tak diharapkan adalah dengan menakut-nakutinya. Namun apa Anda tahu akibat jangka panjangnya? Ini dapat menjadikan seseorang mudah pesimis, sehingga baru akan tampak saat hendak mengambil keputusan. Akan lebih baik Anda memberitahu alasan mengapa hal tersebut dilarang pada anak.

  1. Jangan memarahi tanpa alasan jelas

Menjadi orangtua memang berat, terkadang berpengaruh pada emosi Anda. Anda boleh saja marah namun dengan alasan yang pasti agar anak tahu kesalahannya dan diharapkan agar tak mengulangi kesalahannya.

Tips Supaya Anak Tampil Percaya Diri
Tips Supaya Anak Tampil Percaya Diri

  1. Jangan mengejek

Walaupun dengan tujuan bercanda, kebiasaan dalam mengejek tak bisa dibenarkan. Tips supaya anak tampil percaya diri ini akan berlaku saat anak Anda berbuat salah dan menurut Anda lucu, maka sebaiknya hindari kebiasaan mengejek. Sebab bagi seorang anak yang belum mempunyai pemahaman yang baik dalam komunikasi akan menganggap hal itu sangatlah memalukan.

  1. Melibatkan anak dalam pengambilan keputusan

Pada hal tertentu melibatkan anak dalam pengambilan keputusan bisa Anda coba. Membiasakan anak untuk mengambil keputusan sendiri akan melatih kepercayaan diri mereka bahwa keputusan yang mereka pilih tepat dan perlu Anda dukung secara berkelanjutan.

  1. Jangan memanjakan anak

Ini berlaku terutama untuk para ibu. Seberapa besar pun kasih sayang Anda pada anak hindari kebiasaan untuk memanjakannya. Bukannya tak sayang namun apa Anda memikirkan masa depannya saat dewasa, bila Anda kerap memanjakannya saat masih kecil. Latih mereka untuk melakukan tugas hariannya sendiri dan beri pujian pada mereka.

  1. Komunikasi secara aktif

Sesibuk apapun Anda, sebagai orangtua sebaiknya Anda sering meluangkan waktu untuk mengobrol bersama mereka. Topik ringan mengenai sekolah, atau teman-temannya bisa menjadi bahan pembicaraan Anda. Ajak anak Anda untuk kritis saat menyikapi suatu hal.

Demikian beberapa tips supaya anak tampil percaya diri, semoga bermanfaat bagi Anda para orangtua.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.