Tips Supaya Anak Suka Makan Sayur

0
14

Sayuran sangatlah penting bagi pertumbuhan anak. Berikut ini beberapa tips supaya anak suka makan sayur yang Anda sajikan.

  1. Sajikan makanan kesukaan anak Anda

Cari tahu makanan kesukaan anak Anda dan ganti beberapa bahannya dengan sayuran ketika memasak. Anda bisa menambahkan sayuran ketika menyiapkan menu makanan kesukaan anak Anda seperti misalnya pizza, lasagna, spaghetti, kue atau bahkan es krim. Dengan demikian anak yang susah makan sayur akan mulai menyukainya pada makanan kesukaan mereka.

  1. Tawarkan pada mereka berbagai jenis sayuran

Pada awalnya mungkin anak Anda akan menolak sayuran yang sudah disajikan di atas meja. Namun hal ini jangan membuat Anda berhenti menawarkannya pada anak yang susah makan sayur tersebut. Anda juga harus selalu menyajikan hidangan sayuran saat makan. Bila anak terbiasa untuk melihat menu sayur di atas meja makan, kemungkinan nantinya mereka akan menyukai sayur.

Tips Supaya Anak Suka Makan Sayur
Tips Supaya Anak Suka Makan Sayur
  1. Ajaklah anak Anda menyiapkan menu makanan

Anda bisa menerapkan tips supaya anak suka makan sayur ini dengan membiarkan anak Anda memilih sayuran yang ada di pasar/supermarket. Sesampainya di rumah, Anda bisa memintanya untuk mencuci sayuran yang dibutuhkan dalam memasak. Dengan tips ini maka anak Anda akan lebih tertarik pada menu sayuran yang sudah mereka persiapkan.

  1. Memberi contoh yang baik

Bila anak Anda kerap melihat Anda menikmati menu sayuran, maka mereka akan penasaran pada apa yang Anda makan dan ingin mencoba berbagai menu makanan dari sayuran.

  1. Buatlah waktu makan menjadi menyenangkan

Jangan sekali-kali memaksa anak untuk menyukai apa yang tidak dia sukai. Ini akan berakibat buruk dan mereka berpikir bahwa waktu makan merupakan waktu yang tak menyenangkan.

  1. Tawarkan menu makanan sayuran ketika anak Anda sangat lapar

Sepulang sekolah, ada kemungkinan anak Anda akan memakan semua yang Anda hidangkan di meja makan. Nah ini menjadi saat yang tepat untuk mengenalkan menu makanan yang dibuat dengan bahan dasar berbagai jenis sayuran.

  1. Kreatif dalam menyajikan olahan sayuran

Tips supaya anak suka makan sayur yang terakhir adalah dengan menyajikan menu berbagai sayuran beraneka warna. Potong dengan bentuk menarik, bisa juga dengan menghias menu olahan berbagai jenis sayuran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.