Tips Supaya Anak Rajin Belajar Dan Mengaji

0
13

Mendidik anak memang sedikit sulit jika Anda tidak mengetahui cara yang baik agar memiliki anak rajin  baik dalam belajar dan juga mengaji. Kebanyakan anak-anak akan merasa cepat bosan pada kegiatan yang sering dia lakukan dan secara rutin. Contoh juga dalam mengerjakan PR serta mengaji, mereka biasanya akan mengeluarkan berbagai alasan untuk tidak melakukan hal-hal berikut.

Penyebabnya juga bermacam-macam, salah satunya yaitu anak merasa lelah serta ingin segera bermain dan tidak mau untuk belajar atau mengaji. Bagi Anda para orang tua pasti sering mengalami hal-hal seperti ini dan mereka biasanya akan merasa kesal karena tidak dapat dituruti keinginannya. Untuk itu Anda perlu cara jitunya untuk mendidik anak supaya rajin baik dalam belajar maupun dalam mengaji.

Tips Supaya Anak Rajin Belajar Dan Mengaji
Tips Supaya Anak Rajin Belajar Dan Mengaji

 

Setiap anak akan memiliki pola pikir serta kepribadian yang berbeda-beda, sehingga dalam mendidiknya Anda juga harus mengerti caranya yang tepat. Keinginan memiliki anak rajin belajar dan mengaji dalam belajar dan mengaji akan sangat mudah jika Anda mengajarkannya dengan mencontohkannya Anda sendiri juga mengaji. Hal ini sangat efektif untuk membuat para anak untuk menurut dan mengikuti untuk mengaji bersama.

Begitu juga dengan belajar, biasanya anak-anak akan sangat malas untuk belajar. Anda bisa melakukan triknya dengan menerapkan belajar sambil bermain, namun dalam melakukan ini Anda juga harus sesuai dengan pelajarannya. Misalkan saja belajar berhitung dengan sambil bernyanyi atau menggunakan media yang sangat menarik anak-anak.

Selain itu Anda juga berikan pendidikan sejak awal jika dalam belajar khususnya membaca Al-Qur’an merupakan wajib hukumnya bagi umat Islam di mana Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi kita dan haris dipelajari serta dibaca seterusnya. Anda juga boleh mengajari baca Al-Qur’an sambil bermain misalnya mengaji dengan lagu-lagu islami, karena memang anak-anak sangat suka sekali bermain sehingga terapkan saja cara ini.

Biasanya anak-anak sangat menyukai menonton televisi dari pada mengaji, dalam mengantisipasinya sebaiknya Anda membuatkan jadwal di mana waktu untuk bermain serta waktu untuk mengaji. Dengan diterapkannya jadwal tersebut anak akan terbiasa hidup disiplin serta akan sangat mudah untuk membimbing anak sehingga keinginan memiliki anak rajin belajar dan mengaji sangat mudah Anda dapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.