Tips Supaya Anak Berprestasi

0
157

Setiap orang tua tentunya mengaharapkan putra – putri mereka berprestasi di sekolah maupun di luar sekolah. Perlu dipahami bahwa, setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda antara satu dan yang lainnya, sehingga para orang tua harus jeli dalam mengarahkan bakat mereka. Untuk itu, ada baiknya para orang tua membaca tips – tips berikut ini agar dapat terus mendorong anak – anak menjadi lebih berprestasi.

Tips Supaya Anak Berprestasi :

  1. Biasakan memberi pujian kepada anak

Sebagai orang tua, anda harus lebih banyak memberikan pujian kepada anak atas segala pencapaian yang mereka lakukan. Tidak hanya pencapaian yang baik – baik saja, bahkan saat anak mendapat nilai jelek di sekolah pun harus tetap di puji atau dimotivasi. Tindakan tersebut dapat membantu anak – anak tetap merasa di dukung meski pencapaian mereka di sekolah tidak bagus.

  1. Memberikan perhatian kepada anak

Untuk menjadikan anak – anak yang berprestasi, para orang tua tidak bisa hanya menyuruh ini dan itu saja. Cobalah untuk memberikan perhatian – perhatian kecil kepada anak. Berikanlah waktu anda saat anak – anak membutuhkan dampingan dalam mengerjakan tugas – tugas sekolah. Dengan begitu anak akan merasa di perhatikan dan menjadi lebih semangat dalam belajar.

Tips Supaya Anak Berprestasi
Tips Supaya Anak Berprestasi

  1. Membuat aturan di rumah

Aturan di rumah sangat penting dilakukan untuk menjadikan anak – anak lebih disiplin. Misalnya, anda bisa membuat aturan menonton televisi sehari 2 jam setelah anak – anak belajar dan mengerjakan tugas sekolah. Sehingga anak – anak tidak akan menonton televisi sebelum selesai mengerjakan tugas sekolah mereka.

Baca juga : Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

  1. Pastikan nutrisi anak terpenuhi setiap hari

Nutrisi adalah hal terpenting yang harus dijaga agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Pastikan anak – anak tidak ketinggalan sarapan pagi sebelum beraktivitas. Sarapan pagi bisa membuat anak – anak lebih siap dalam menyerap materi pelajaran di sekolah. Selain untuk sarapan pagi, konsumsi makanan yang sehat juga harus disediakan untuk anak – anak setiap hari untuk makan siang dan makan malamnya.

  1. Mendorong anak untuk suka membaca

Saat ini anak – anak lebih memilih untuk berkutat dengan gadget dari pada buku. Nah, tugas para orang tua adalah untuk mendorong anak – anak agar lebih gemar membaca. Salah satu caranya adalah sering membawa anak ke toko buku. Selain ke toko buku, anda juga bisa berlangganan koran setiap hari dan membiasakan anak untuk banyak membaca berita di koran dari pada bermain gadget.

  1. Rajin menulis

Selain membaca, anak – anak juga harus di dorong untuk gemar menulis. Dengan begitu, mereka dapat memperkaya kosakata dalam otak dan juga meningkatkan daya imajinasi. Anda bisa mengajarkan untuk membuat tulisan di dalam buku harian. Dalam buku harian tersebut, anak – anak akan diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat mereka terhadap sesuatu hal. Sehingga dengan begitu, anak akan terbiasa berfikir kritis dan terbuka terhadap hal – hal baru.

Baca juga : Tips Lulus Ujian Nasional dengan Mudah

Itulah tadi beberapa Tips Supaya Anak Berprestasi Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.