RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Tips Sukses Mencari Kerja di Jakarta Dalam Waktu Singkat

Tips Sukses Mencari Kerja di Jakarta – Sampai saat ini, Jakarta masih menjadi tempat favorit bagi kaum muda-mudi diseluruh Indonesia untuk mengadu nasibnya. Bukan karena di daerah asal mereka tidak ada pekerjaan. Tetapi Jakarta memang masih menjanjikan sebuah pengalaman dan penghasilan kerja yang lebih tinggi dibandingkan bekerja di daerah asal mereka.

Selain itu, fenomena mudik juga seringkali menjadi ajang bagi para perantau untuk menunjukkan kesuksesannya setelah merantau di Jakarta. Sehingga hal ini dapat memicu hasrat bagi para pemuda daerah untuk ikut-ikutan merantau ke kota metropolitan tersebut.

Namun biasanya, hasrat tersebut tidak diimbangi dengan skill dan kompetensi yang memadai. Sehingga pada akhirnya, kesuksesaan tersebut hanya akan menjadi angan-angan saja.

Tips Sukses Mencari Kerja di Jakarta

Tips Sukses Mencari Kerja di Jakarta

Nah, agar anda tidak mengalami penyesalan tersebut, maka sebaiknya anda harus mempersiapkan diri secara matang sebelum mencari kerja di Jakarta. Nah, Jika anda masih bingung tentang apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mencari kerja di Jakarta, sebaiknya Tips Sukses Mencari Kerja di Jakarta yang telah kami rangkum dibawah ini.

Cara Jitu Mencari Kerja di Jakarta

  1. Siapkan Mental Anda

Tips mencari kerja di Jakarta yang pertama ini, harus dilakukan oleh anda yang baru pertama kali berangkat ke Jakarta. Hal ini sangatlah penting, karena jika anda tidak bisa menyiapkan mental, anda akan cepat bosan dan akhirnya memutuskan untuk pulang kampung sebelum meraih kesuksesan di ibukota.

  1. Buat CV dan Kirimkan ke Situs Pencari Kerja Online

Kemajuan teknologi harus bisa kita manfaatkan. Saat ini, sudah banyak situs-situs terpercaya yang bisa kita gunakan untuk mencari dan melamar kerja secara online.

Dengan bantuan situs ini, kita bisa melamar ke berbagai tempat dengan lebih mudah dan tentunya juga menghemat biaya. Nah, dengan melakukan hal ini, setidaknya anda sudah memiliki tujuan tertentu ketika berangkat ke Jakarta.

  1. Mencari Tempat Tinggal yang Lokasinya Strategis

Nah, karena anda tadi sudah melamar kerja dulu sebelum berangkat, seharusnya kini anda tidak lagi kebingungan untuk menentukan lokasi yang bisa anda tinggali. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan tempat anda mendapat panggilan interview.

Untuk jenis tempat, anda bisa menyesuaikannya dengan budget yang anda miliki. Bisa kos, kontrakan, atau apartement. Yang perlu diperhatikan sebenarnya adalah jarak. Sebisa mungkin carilah tempat tinggal yang dekat dengan tempat anda nanti bekerja. Karena selain menghemat biaya transport, tentu juga bisa membuat anda lebih effisien waktu karena terhindar dari kemacetan.

Baca juga : Hindari 11 Kesalahan Bahasa Tubuh Saat Wawancara Kerja

  1. Siapkan Dana Secukupnya

Untuk dana yang anda bawa, sebaiknya sudah diperkirakan untuk kehidupan sehari-hari selama 1-3 bulan. Kehidupan sehari-hari ini sebaiknya diprioritaskan yang kebutuhan primer dulu.

Sebisa mungkin uang yang anda bawa bisa bertahan selama 3 bulan, anda bisa memilih makanan yang murah seperti di warteg atau masak sendiri. Nah, setelah bulan keempat nanti, anda sudah bisa memulai untuk memutar uang gaji anda.

  1. Mencari Kawan Sebanyak-Banyaknya

Jika anda tidak mempunyai saudara atau kenalan di Jakarta, maka sebaiknya anda harus cepat-cepat mencari kawan. Karena hidup di kota perantauan itu tidak mudah, terlebih lagi ini di Jakarta.

Kalau anda mempunyai banyak teman, anda akan lebih mudah beradaptasi dengan kebudayaan sekitar. Selain itu, anda juga bisa saling menolong jika terjadi sesuatu. Pada intinya, hidup di Jakarta itu harus pintar-pintar bergaul atau ekstrovert. Jika anda dulunya seorang pribadi yang tertutup atau introvert, sebaiknya saat di Jakarta, anda harus belajar untuk mulai bergaul dan membuka diri.

Tapi, tetap harus diingat, dalam memilih teman anda tetap harus selektif. Jangan sampai anda malah terlibat dengan perbuatan yang tidak-tidak. Ingat, ini Jakarta. Anda harus bisa memilih teman yang menurut anda baik.

Baca juga : Tips Agar Mencintai Pekerjaan dan Bekerja dengan Semangat

Demikian diatas, ulasan tentang Tips Sukses Mencari Kerja di Jakarta yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan diri sebelum merantau. Ketika anda nantinya sudah lama tinggal di Jakarta, jangan sampai larut dengan arus kemewahan di ibukota. Tetap jadilah diri anda sendiri. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.