RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Tips Sukses Melamar Kerja Via Email

Tips sukses melamar kerja via email – Akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang lebih senang menerima lamaran kerja via email. Cara ini sering dipilh, karena memang sangat efisien waktu dan juga biaya. Selain itu, email juga bisa memudahkan para pencari kerja untuk menghubungi perekrut dari sebuah perusahaan.

Meski semua jadi lebih mudah, tapi tetap saja melamar kerja via email juga ada kelemahannya. Pertama, kemajuan teknologi tidak bisa menjamin setiap lamaran yang anda kirim pasti diterima. Kedua, kesalahan data saat melamar tidak bisa diperbaiki setelah dikirimkan.

Nah, untuk menghindari kedua masalah tersebut sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Sebaiknya anda membaca ulasan mengenai tips sukses melamar kerja via email yang telah kami ulas berikut ini. Diharapkan setelah membaca ulasan ini, anda bisa lebih terlihat profesional saat mengirim lamaran via email.

Tips Sukses Melamar Kerja Via Email

Tips Sukses Melamar Kerja Via Email

Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email

  1. Gunakan Situs Pencari Kerja yang Terpercaya

Kemajuan teknologi juga bisa disalah gunakan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, sekarang anda harus lebih berhati-hati dan mulai belajar bagaimana cara membedakan lamaran kerja yang palsu dan yang asli.

Cara teraman yaitu dengan mengunjungi official website dari perusahaan yang ingin kita lamar. Biasanya jika lowongan tersebut asli, maka di website perusahan tersebut juga menginformasikan hal yang sama. Namun, jika tidak ada, anda bisa menghubungi perusahaan tersebut melalui halaman kontak official websitenya.

Baca juga : Beberapa Situs Pencari Lowongan Kerja Terpercaya Di Indonesia

  1. Buat Email Khusus

Tips sukses melamar kerja via email yang satu ini memang terlihat sepele, tapi juga bisa sangat mempengaruhi keberhasilan anda diterima di suatu perusahaan. Hal sepele yang dimaksud adalah nama email. Buatlah email khusus untuk keperluan anda melamar pekerjaan.

Jangan gunakan email yang biasa anda gunakan untuk sosial media. Karena biasanya, nama email yang dipakai untuk sosial media terkesan alay. Tapi jika nama email anda tidak alay, maka anda bisa menggunakannya. Sebaiknya email anda disesuaikan dengan nama asli anda saja, agar terkesan lebih profesional di mata para perkerut.

Selain itu, gunakan proveider email yang umum digunakan. Biasanya sih Gmail. Jika anda ingin lebih lagi, anda bisa membuat costum domain untuk email anda. Ini akan jauh membuat anda terlihat lebih profesional.

  1. Subject Email yang Jelas

Subject email itu sangat penting, karena hal pertama yang dilihat oleh para perekrut adalah bagian ini. Biasanya, ada perekrut yang sudah menentukan format subject yang harus dituliskan. Nah, jika begini, anda harus benar-benar mengikuti instruksi tersebut. Karena jika tidak, bisa saja lamaran anda tidak akan dibaca oleh para perekrut.

Setiap hari, para perekrut akan menerima email yang sangat banyak dari para pelamar. Nah, bagian subject sengaja dibuat oleh perekrut untuk mempermudah mereka dalam proses penyeleksian. Jika anda tidak mematuhi ini, bisa jadi email anda akan terlewat dan tidak dibaca.

Lalu, bagaimana jika tidak ada format subject dari perekrut?

Jika begini, anda bisa menulisnya sendiri. Yang wajib anda tulis adalah posisi lowongan yang anda lamar dan nama anda. Selain itu, anda juga bisa menyisipkan asal alamamater anda. Atau jika ada yang merekomendasikan pekerjaan ini, anda juga bisa menulskannya pada bagian subject email.

  1. Jangan Sampai Body Email Kosong

Walaupun anda sudah menambahkan beberapa berkas untuk keperluan melamar, bukan berarti anda tidak mengisi body email sama sekali. Akibat yang sangat merugikan adalah masuknya email anda pada bagian spam. Kekosongan pada body email biasanya akan membuat email tersebut dibaca sebagai spam oleh sistem.

Pada bagian body email ini, sebenarnya bisa anda manfaatkan untuk menjelaskan tentang diri anda secara singkat tapi tetap komperhensif. Anda juga bisa menambahkan beberapa informasi yang menurut anda diperlukan sebagai bahan pertimbangan para perekrut.

Jangan lupa untuk mengisi body email dengan bahasa yang sopan, dan penulisan ejaannya juga baik dan benar. Jika anda bisa memanfaatkan body email dengan baik, hal ini akan mempermudah perekrut untuk mengetahui anda lebih cepat. Bahkan tanpa harus membuka berkas yang anda kirim, bisa jadi anda sudah diterima oleh perekrut.

Baca juga : Tips Jitu Agar Sukses Saat Wawancara Kerja

Nah, tidak sulit bukan menerapkan tips sukses melamar kerja via email diatas. Selamat mencoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.