Tips Sahur Sehat dan Tepat

4
151
Keluargasamawa.com – Ketika akan berpuasa Ramadhan makan sahur merupakan hal yang tak boleh terlewatkan dan sahur merupakan sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah S.A.W. Sahur sangat penting sebagai sumber cadangan energi untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat, bugar, bertenaga sehingga kuat selama melaksanakan ibadah puasa ini.

Baca juga :  Supaya tidak telat atau terlewatkan untuk sahur

Sahur

Ketika sahur ada beberapa tips dalam memiilih makanan yang sehat :

  • Karbohidrat kompleks

Sebaiknya pilih menu makanan yang memiliki karbohidrat kompleks supaya tidak cepat merasa lapar. Sebagai contohnya nasi, nasi merah, biji-bijian. Saat sahur jangan hanya mengkonsumi mie instan karena mie instan hanya memberikan rasa kenyang sementara, dan mudah cepat lapar kembali.

  • Makan yang cukup dan bergizi.

Makan dengan porsi cukup dan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh kita protein, karbohidrat, vitamin.  Tidak makan terlalu banyak karena makan kebanyakan akan membuat perut kekenyangan dan tidak nyaman. Namun juga
makan jangan terlalu sedikit karena kebutuhan sumber energi kurang membuat tubuh menjadi lemas, lapar dan bisa manganggu aktifitas kita sehari-hari.

  • Kurangi makanan berminyak

Makanan yang banyak mengandung minyak sebaik dikurangi porsinya untuk dikonsumsi saat sahur karena akan membuat kita mudah cepat merasa haus ketika berpuasa.

  • Tidak terlalu asin

Ketika sahur sebaiknya jangan terlalu asin, karena garam juga membuat konsentrasi cairan pada tubuh menjadi kurang sehingga kita bisa merasakan haus ketika berpuasa.

  • Minum air yang cukup

Ketika sahur minumlah air yang cukup, supaya badan kita tetap segar selama berpuasa dan alangkah baiknya juga minum susu  sebagai pelengkap sahur untuk sumber enargi.

Terimakasih semoga bermanfaat, ada masukan silahkan berikan komentarnya .

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.