LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Persiapan Untuk Bekerja di Luar Negeri

KeluargaSamawa.com – Bekerja di luar negeri dengan gaji melimpah pastinya merupakan impian banyak orang. Namun tentunya untuk bisa bekerja di luar negeri bukanlah hal yang mudah. Hidup di negeri orang dengan kultur, budaya, kebiasaan, iklim dan jarak yang jauh dari tanah air merupakan tantangan tersendiri yang pastinya perlu banyak persiapan. Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan? Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika akan bekerja di luar negeri. Silahkan disimak.

  1. Mencari Informasi

Di zaman sekarang, internet telah berkembang dengan begitu pesatnya. Sehingga tak heran, jika informasi  bisa didapatkan dengan mudah, termasuk salah satunya tentang lowongan pekerjaan keluar negeri.  Baik itu ke Asia, Amerika, Australia ataupun Eropa.  Anda bisa mencari jenis pekerjaan, negara tujuan dan gaji yang anda inginkan dengan mudah dan gratis, sesuai dengan skill yang anda punya.

Selain dengan menggunakan informasi dari internet, anda juga bisa menggunakan agen pencari kerja atau job hunter yang sudah berpengalaman. Job hunter akan memberikan rekomendasi lowongan pekerjaan yang cocok untuk anda dan memberikan segala informasi terkait perusahaan yang akan anda lamar.

Perlu diingat, penting untuk mengecek track record dan kredibilitas dari job hunter yang akan anda gunakan jasanya. Jangan sampai hak dan kewajiban anda tidak sesuai dengan perjanjian.

bekerja di luar negeri

bekerja di luar negeri

  1. Biaya Hidup

Setelah anda selesai mendapatkan negara tujuan, jenis pekerjaan, perusahaan dan standart gaji, anda bisa mencari informasi terkait biaya hidup. Idealnya anda harus mencari informasi terkait tempat tinggal, biaya makan, transportasi dan yang tidak ketinggalan tujuan kerjanya. Semua informasi ini anda bisa dapatkan dari agen job hunter, kerabat yang bermukim disana atau bisa juga mencarinya dari internet.

Baca juga : Tips Jitu Lulus Ujian CPNS

  1. Dokumen yang diperlukan

Dokumen yang dibutuhkan untuk bekerja di luar negeri pastinya berbeda ya dari tujuan wisata. Anda harus menyediakan pasport,visa, ktp, akta kelahiran, kartu keluarga, ijazah, surat kelakuan baik dan tentunya ijin bekerja atau working permit dari negara tujuan anda.

Keseluruhan dokumen harus di terjemahkan ke bahasa asing sesuai dengan tujuan anda bekerja. Di internet banyak yang menawarkan jasa penterjemah yang bersetifikat yang anda bisa pilih. Kebanyakan job hunter bisa membantu dalam hal pengurusan dokumen dengan cepat.

  1. Bahasa

Nah hal yang perlu dipersiapkan ketika akan bekerja di luar negeri selanjutnya yang bisa dibilang sangat penting ialah terkait bahasa. Misal anda akan bekerja ke Arab saudi, maka idealnya sebelum berangkat anda harus telah menguasai bahasa tersebut. Walaupun belum bisa dengan lancar, setidaknya anda harus paham sedikit-sedikit, khususnya bahasa sehari-hari terkait masalah pekerjaan.

Baca juga : Aspek Penting Dalam Memilih Pekerjaan yang Tepat

Itu dia beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika akan bekerja di luar negeri. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, dan lakukan persiapan fisik atau mental yang maksimal agar tidak menemukan kesulitan disana.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.