LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Mudik Aman dari Pak Polisi

Tips Mudik Aman dari Pak Polisi

Tidak terasa sembentar lagi takbir akbar akan segera di kumandangkan yaitu untuk memperingati hari kemenangan umat islam setelah satu bulan penuh berpuasa yaitu hari yang di tunggu-tunggu Lebaran, sudah menjadi tradisi bagi umat islam di Indonesia untuk berbondong-bondong kembali kekapung halaman untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara dikampung halaman atau mudik lebaran sudah saatnya bagi sobat-sobat yang akan mudik untuk menyiapkan kendaraan untuk dari sekarang.

Divisi Humas Mabes Polri memberikan beberapa tips aman bagi Anda yang mudik dengan menggunakan kendaraan roda 4.

  • Periksa dan pastikan terlebih dahulu kendaran sebelum mudik mulai dari kondisi oli, air radiator, busi, serta aki mesin. Hal ini untuk menjaga performa mobil anda serta menghindari mogok atau overheat dalam perjalanan. Atau jika ingin yang terbaik, service mobil anda untuk mendapatkan dan memastikan kondisi mobil anda prima, juga spooring dan balancing.
  • Cek kembali tekanan  udara pada ban mobil, dan pastikan bahwa kondisi ban mobil anda masih bagus atau layak dan masih aman untuk digunakan, jangan membiarkan ban yang sudah gundul atau aus. Ingat, jangan sepelekan kondisi ban, karena suhu, cuaca, serta medan jalan yang akan anda lewati tidak selalu mulus.
  • Jangan lupa persiapkan untuk membawa ban serep serta tools, seperti dongkrak dan peralatan lainnya untuk berjaga-jaga seandainya ada permasalah pada mobil anda dalam perjalanan.
  • Periksa kondisi lampu dalam keadaan baik. Termasuk lampu sign dan hazard.
  • Jangan membawa barang dengan bobot terlau banyak dan melebihi daya tampung kendaraan anda.
  • Pastikan kondisi pengemudi dalam keadaan fit/prima, dan akan lebih baik jika ada pengemudi 
  • pengganti ketika rasa lelah atau kantuk menyerang anda. Kalaupun hanya ada satu pengemudi carilah rest area atau tempat yang rasanya aman untuk beristirahat sejenak seperti minum kopi atau tidur.
  • Jangan lupa dan pastikan kembali surat-surat kelengkapan kendaraan anda sudah dibawa.
  • Patuhillah seluruh rambu-rambu dan peraturan lalu lintas.

Terimakasih semoga bermanfaat, selamat bermudik lebaran .

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.