LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Merintis Bisnis Kuliner Agar Sukses dengan Cepat

Tips sukses merintis bisnis kuliner – Menemukan ide bisnis yang sesuai dengan passion memang hal yang cukup sulit, terlebih bagi para pemula. Saat ditemukan peluang bisnis yang menguntungkan, bisa dipastikan tingkat persaingannya sudah sangat ketat, sehingga mau tak mau kita juga harus gerak lebih cepat agar bisa bertahan.

Dan bicara mengenai ide bisnis yang memiliki potensi bagus, tentunya bisnis kuliner adalah salah satunya.  Bisnis ini tergolong menjanjikan karena memiliki segmentasi pasar yang sangat luas dan membidik hampir semua kalangan atau semua usia.

Bagi Anda yang berkeinginan atau memang sedang menjalani usaha kuliner ini, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan jika ingin usaha kuliner Anda menjadi berhasil dan sukses. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Tips Sukses Menekuni Bisnis Kuliner

  • Menciptakan konsep yang menarik

Dalam bisnis apa saja, konsep yang menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke dunia usaha kuliner, sebaiknya Anda memikirkan matang-matang terlebih dahulu konsep menarik apa yang bisa anda tawarkan, yang bisa membuat konsumen tertarik memilih produk anda dibanding produk kompetitor.

Misal anda membuat konsep dekorasi unik serta nama-nama menu yang juga unik dan tak lazim. Sangat mungkin hal ini akan membuat orang menjadi penasaran ingin mencobanya. Namun selain nama yang unik, soal citarasa juga harus menjadi perhatian utama. Karena bagaimanapun, rasa adalah poin utama dalam bisnis kuliner.

Tips sukses merintis bisnis kuliner

Tips sukses merintis bisnis kuliner

  • Tentukan target pasar

Setelah Anda menentukan konsep bisnis kuliner Anda, maka langkah yang selanjutnya adalah dengan membidik pasar. Meski target pasar memang cukup luas, namun harus ditentukan lagi lebih spesifik agar lebih mudah menentukan tujuan berikutnya.

Misalkan jika Anda berniat membidik pasar di kalangan para mahasiswa, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka restoran atau kafe dengan harga yang terjangkau atau sesuai dengan kantong mahasiswa dan disiapkan pula fasilitas penunjang seperti Wi-Fi dan lainnya yang menjadi kesukaan mahasiswa.

Baca juga : Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menguntungkan

  • Cari lokasi yang strategis

Sepertinya hampir semua bisnis memang membutuhkan lokasi yang strategis untuk mulai dirintis. Meski sebenarnya hal tersebut bisa dibilang relatif, karena pada kenyataannya ada banyak lokasi restoran atau kafe yang berada di gang-gang atau jalan kecil namun hampir tak pernah sepi. Hanya saja jika mau “cari aman”, pemilihan lokasi yang strategis seperti di tempat-tempat yang ramai memang tetap diprioritaskan.

  • Pilihlah pemasok bahan baku terpercaya

Jika Anda tidak belanja bahan-bahan sendiri atau menggunakan jasa pemasok bahan baku untuk usaha Anda maka pastikan bahwa pemasok bahan baku tersebut memang benar-benar terpercaya. Bukan hanya dari segi kualitas komoditi jualnya saja, melainkan juga dari segi harga dan kemitraan.

  • SDM berpengalaman

Rekrutmen pegawai yang berpengalaman di bidang yang sama, akan mempermudah Anda mengembangkan bisnis restoran atau kafe Anda. Berbekal pengalaman yang mereka miliki, Anda tidak perlu mengajari dari awal.

  • Menjaga reputasi bisnis

Bisnis yang dapat menjaga reputasinya adalah bisnis yang bisa bertahan lama. Sama halnya dengan bisnis kuliner, terlebih lagi bisnis ini bisa dibilang sensitif terhadap isu. Maka dari itu, sebaik mungkin agar kita dapat menjaga reputasi bisnis yang kita kelola.

Banyak cara yang bisa kita lakukan. Misalkan dengan memaksimalkan pelayanan, jangan pelit memberikan promo-promo menarik seperti diskon, potongan harga atau hadiah menarik. Selain itu, jangan abaikan poin penting lainnya seperti kebersihan tempat dan higienitas peralatan makan.

Baca juga : Tips dalam Menentukan Harga Jual Produk

Nah, dengan menerapkan beberapa Tips sukses merintis bisnis kuliner, maka dijamin usaha kuliner Anda akan berjalan dengan lancar dan sukses. Selamat mencoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.