Tips Merencanakan Memiliki Rumah Sendiri Setelah Menikah

KeluargaSamawa.com – Memiliki sebuah rumah yang lengkap dengan segala isinya, pasti menjadi impian semua orang. Terlebih untuk mereka yang sudah berkeluarga. Namun sayangnya, memiliki rumah tak semudah seperti membalikkan tangan, karena pastinya anda dituntut bekerja keras demi mendapatkan dana yang cukup guna membangun rumah impian tersebut. Untuk mencapai impian berikut Tips Merencanakan Memiliki Rumah Sendiri Setelah Menikah.

Terkecuali jika anda adalah anak tunggal, yang mana biasanya orang tua melarang membangun rumah sendiri, agar mereka nanti ada yang merawat di usia tuannya. Namun bagi anda yang mempunyai saudara, tentunya mempunyai rumah sendiri dan segera keluar dari rumah orang tua adalah hal yang harus dilakukan.

Tips Merencanakan Memiliki Rumah Sendiri Setelah Menikah :

Berikut adalah beberapa tips merencanakan memiliki rumah sendiri setelah menikah bersama pasangan yang anda cintai nanti.

  1. Terbuka Dalam Hal Keuangan

Tips yang pertama adalah anda dan calon pasangan harus saling terbuka mengenai masalah keuangan yang dimiliki. Jika salah satu pasangan memiliki hutang dalam jumlah yang banyak, sebaiknya dibicarakan untuk di cari solusinya. Bukan malah ditutup-tutupi. Sebab ini akan berdampak bagi keberhasilan anda dan pasangan saat KPR nantinya.

 

Tips Merencanakan Memiliki Rumah Sendiri Setelah Menikah

Tips Merencanakan Memiliki Rumah Sendiri Setelah Menikah

  1. Sisihkan Beberapa Persen Gaji Pokok

Tips yang kedua adalah dengan menyisikan beberapa persen gaji pokok yang anda miliki, misalnya saja 30% atau 40%nya dari gaji anda perbulan. Terlebih jika anda berdua masing-masing bekerja dan punya penghasilan tetap. Jadi impian anda untuk membeli rumah bisa segera terlaksana.

  1. Menyisihkan Uang Bonus Hasil Kerja

Tips merencanakan memiliki rumah sendiri setelah menikah yang ketiga adalah dengan menyisihkan uang bonus dari hasil kerja. Bagi anda dan pasangan yang sudah bekerja di suatu perusahaan dan kebetulan mendapat  bonus karena berhasil mencapai target, maka idealnya uang tersebut tidak membelanjakan. Sisihkan uang bonus tersebut hanya untuk ditabung.

Biasanya memang sangat sulit untuk menahan godaan ketika menerima uang bonus dari tempat kerja. Seringkali kita menggunakan uang tersebut untuk membeli smartphone baru, atau berlibur ke suatu tempat. Nah, untuk menghindari hal tersebut, selalu tanamkan mindset dalam diri anda, jika memiliki rumah sendiri adalah hal yang lebih membahagiakan sekaligus membanggakan.

  1. Mencari Bank dengan Bunga KPR Terendah

Tips yang keempat adalah mencari  bank dengan bunga KPR terendah. Anda dan pasangan bisa melakukan survey dari bank satu ke bank yang lainnya, untuk mendapatkan bunga KPR terendah sesuai dengan budget yang anda miliki. Karena biasanya antara bank satu dengan bank yang lainnya memiliki tingkat bunga KPR yang berbeda.

Ketika anda memilih Bank dengan bunga KPR yang sesuai dengan kemampuan anda dan pasangan, maka bisa dipastikan bahwa proses KPR rumah akan berjalan dengan lancar, sampai rumah tersebut benar-benar lunas.

Baca juga : Tips Mengatur Gaji Bulanan Keluarga Secara Efektif

Nah, itulah beberapa tips dalam merencanakan memiliki rumah sendiri setelah menikah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply