LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Merawat Rambut Bayi Agar Sehat dan Lebat

Bayi memang selalu menggemaskan. Apalagi yang memiliki tubuh gembul dan rambut yang lebat, makin gemas ya. Nah, bagi Anda orangtua yang menginginkan rambut si kecil tumbuh sehat dan lebat, berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan pada buah hati tercinta.

Tips Merawat Rambut Bayi Agar Sehat dan Lebat

  • Beri Asupan Gizi yang Baik

Tips pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan memberikan gizi yang baik bagi pertumbuhan bayi. Dengan memperoleh asupan gizi yang baik, maka nutrisi rambut pada bayi pun akan terpenuhi dan akan semakin sehat dan lebat. Ikan, susu, telur, buah, dan sayuran adalah bahan makanan sehat yang bisa ditambahkan dalam makanan si kecil apabila ia sudah memulai MP-ASI.

Namun, jika bayi masih mengkonsumsi ASI saja, maka sang bunda harus memperhatikan dengan seksama makanan apa yang akan dikonsumsi. Pastikan asupan sang bunda benar-benar bergizi dan mengandung serat, vitamin, serta zat besi yang memadai. Kandungan bahan tersebut penting bagi kesehatan rambut bayi serta menambah kesuburan rambutnya.

Tips Merawat Rambut Bayi Agar Sehat dan Lebat

Tips Merawat Rambut Bayi Agar Sehat dan Lebat

  • Potong Rambut Bayi

Sudah menjadi rahasia umum jika cara yang efektif untuk memperoleh rambut lebat adalah dengan memangkasnya. Namun, ternyata cara tersebut tak selamanya benar karena ketebalan rambut lebih cenderung ke faktor genetik yang dimiliki oleh sang bayi. Jika orangtua bayi berambut tebal, maka kemungkinan besar si kecil akan memiliki jenis rambut yang sama. Begitupun sebaliknya.

Akan tetapi, memotong rambut bayi memiliki manfaat lain. Dengan cara ini, kulit kepala bayi akan bebas dari kerak serta kotoran dan yang pastinya bisa semakin sehat. Nah, jika kebersihan kulit kepala terjaga, maka rambut yang tumbuh pun akan cenderung lebih sehat. Jadi, tidak perlu takut untuk memotong rambut si kecil ya.

Baca juga : Cara Merawat Kesehatan dan Kelembutan Kulit Bayi

  • Gunakan Minyak Kemiri

Selain asupan gizi yang baik dan kondisi kulit kepala yang sehat, Anda bisa menggunakan bahan alami yang dijamin bisa membuat rambut bayi semakin lebat. Setelah keramas dan agak kering, Anda bisa mengaplikasikan minyak kemiri pada rambut serta kulit kepala bayi. Minyak kemiri bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut karena sarat akan kandungan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, seng, tembaga, dan selenium.

Untuk memperoleh minyak yang terkandung dalam bahan dapur yang bernama latin Aleurites Moluccana ini sangatlah mudah. Terlebih dahulu, sangrai kemiri hingga sedikit gosong, kemudian haluskan dan masukkan ke dalam kain, lalu peras hingga mengeluarkan minyak. Nah, minyak kemiri yang menempel pada kain tersebut bisa Anda gosokkan secara perlahan pada kulit kepala bayi. Dijamin, pertumbuhan rambut bayi akan semakin sehat dan lebat.

  • Gunakan Masker Madu

Selain minyak kemiri, bahan alami lain yang bisa digunakan untuk merawat kesehatan dan kelebatan rambut bayi adalah madu. Tak bisa dipungkiri, madu memang salah satu bahan ajaib yang memiliki beragam khasiat. Nah, ternyata madu juga sangat bermanfaat untuk rambut bayi.

Anda bisa mengaplikasikan madu sebagai masker pada rambut si kecil. Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan madu pada rambut serta kulit kepala bayi dan mendiamkannya sebentar. Setelah itu, bilas atau cuci rambut hingga bersih.

Baca juga : Cara Terbaik dalam Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Cara ini rupanya telah banyak dilakukan oleh nenek moyang terdahulu lho. Manfaatnya pun luar biasa bagi rambut bayi. Dengan penggunaan masker madu ini secara rutin, kelembaban rambut akan selalu terjaga. Selain itu, rambut bayi bisa semakin berkilau.

Demikian Tips Merawat Rambut Bayi Agar Sehat dan Lebat, Tidak percaya? Buktikan saja sendiri bunda..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.