LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips merawat keyboard Notebook

Keyboard merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada perangkat komputer maupun notebook atau laptop. Keyboard merupakan input device pada perangkat komputer atau notebook yaitu untuk menginput data-data berupa huruf, angka dan simbol-simbol terutama sekali untuk mengetik suatu tulisan pada komputer.

Keybord merupakan salah satu bagian dari komputer atau notebook yang sangat rentan terjadi kerusakan seperti tombol huruf macet, salah satu saja huruf pada bagian dari keybord tidak berfungsi ini sangat merepotkan kita mengetik, dan otomatis harus membeli keybord komputer yang baru dan apa lagi jika secara tidak sengaja tertumpah oleh cairan seperti minuman kopi, teh dsb. 

Untuk keybord pada komputer jika terjadi kerusakan saya rasa tidak terlalu bermasalah kita bisa membeli keybord  yang baru, dan harganya pun relatif lebih murah. Bagaimana jika keybord notebook kita mengalami kerusakan, tentunya sangat merepotkan, sulit, dan mahal untuk memperbaikinya karena keybord pada notebook merupakan bagian yang sudah menyatu pada notebook.
Berikut tips untuk menjaga dan merawat keybord pada notebook :
  • Alangkah baiknya ketika membeli Notebook baru, kita memasang karet pelindung untuk keybord ini untuk mencegah jika keybord notebook tertumpah minuman, serta menjaga keybord selalu bersih. Dan satu lagi hal yang tidak kalah penting yaitu jangan meletakan minuman atau cairan didekat notebook untuk menghindari dari tumpahnya minuman tersebut ke notebook.
  • Keybord Notebook merupaka bagian yang sangat sensitif, maka dalam menggunakan keybord harus dengan perasaan. Jangan terlalu kencang ketika mengetik tombol keybord.
  • Kurangi atau minimalisir bermain games berat menggunakan keybord, sebaiknya gunakan input device yang khusus digunakan untuk bermain games. Memang harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli gamepad, joystik dari pada nanti harus memperbaiki keybord notebook pasti lebih  mahal dan merepotkan untuk memperbaikinya.
  • Gunakan vacum cleaner notebook untuk membersihkan noteboook pada keybord dari debu-debu. Debu-debu pada notebook perlu dibersihkan secara berkala karena debu merupakan  isolator yang bisa menghambat aliran listrik pada rangkaian listrik notebook, serta menghambat pembuangan panas pada komputer.

Terimakasih semoga bermanfaat !!!!!

3 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.