LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips merawat flashdisk supaya awet

Flashdisk salah satu media penyimpanan yang praktis dengan ukuranya mungil, dan bentuknya yang unik-unik, mudah di bawa tinggal dimasukan kedalam kantong celana/baju atau ditaruh didalam tas, dan memiliki kapasitas yang lumayan cukup besar mulai dari 2 Gb, 4Gb, bahkan ada yang bisa menampung data sampai 16 Gb dan harganya pun sekarang sudah relatif murah.
Namun flashdisk sekarang ini rentan sekali terjadi kerusakan, diantaranya flasdisk tidak bisa terbaca memorinya. Banyak penyebab kerusakan pada flashdisk diantanya bisa di akibatkan oleh virus-virus  yang bisa merusak data-data yang ada di flashdisk dan bisa menyebarkan ke komputer-komputer yang lain. Berikut akan di bahas tips merawat flashdisk supaya lebih awet :
  • Jangan sampai flashdisk terendam air, maka periksa kantong-kantong pakaian sebelum dicuci. karena bisa merusak komponen pada flashdisk karena air merupakan konduktor/penghantar listrik yang bisa menyebabkan konslet pada rangkain elekronik flashdisk tersebut. Jika flashdisk terendam air sebaiknya dibiarkan sampai benar-benar kering, jangan di colokan terlebih dahulu pada port USB.
  • Jangan sampai flashdisk tertimpa/terbentur benda-benda yang berat atau tergencet berat badan kita ketika  flashdisk ada didalam celana, terjatuh karena bisa merusak komponennya.
  • Jauhkan flashdisk dari benda-benda atau alat elektronik yang menghasilkan medan magnet.
  • Scan flashdisk dengan antivirus yang terupdate secara berkala untuk menjaga data-data dan mencegah penyebaran virus ke komputer dan perangkat-perangkat lain.
  • Yang tak kalah penting saat remove/eject/stop flashdisk dengan benar, sebelum mencabut flashdisk dari komputer.
  • Backup data yang ada diflashdisk pada komputer untuk menghindari kehilangan data-data yang penting.
  • Sebaiknya copy dulu data-data yang ada di flashdisk ke komputer baik dokument, musik atau video. karena jika menonton video langsung dari flashdisk dalam waktu yang lama bisa menyebabkan flashdisk panas.
Ini diantaranya tips merawat flashdisk, jika ada yang mau menambahkan silahkan ditambahkan pada komentar !!

10 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.