Tips merawat DVD supaya tidak mudah rusak

DVD merupakan media penyimpanan yang tergolong murah, dengan kapasitas yang lumayan cukup besar yang bisa digunakan untuk menyimpan dan membeckup berbagai data penting, baik sofware, games, foto-foto, video momen penting, games, film, musik dsb.  Selain itu DVD mempunyai kelebihan yaitu data akan lebih aman dari virus dan data-data penting kita lebih aman dari kehilangan.
Jika sobat-sobat tipsh4re suka mengoleksi VCD atau DVD pasti menginginkan bdata-data penting  yang disimpan didalamnya awet dan tidak mudah rusak. Berikut diantaranya tips-tips dalam merawat CD atau DVD :
  • Simpan CD atau DVD pada wadah yang khusus penyimpanan DVD Jangan membiarkan DVD berantakan supaya awet dan tidak mudah tergores yang menyebabkan DVD menjadi rusak dan tidak terbaca.
  • Pegang DVD dengan benar yaitu  dengan mengapitnya di antara lubang dan pinggiran keping DVD. Sebab menyentuh bagian permukaan DVD bisa memicu kotornya lapisan DVD dan bisa menyebabkan macetnya data DVD sehingga tidak bisa terbaca. 
  • Jauhkan DVD dari benda-benda yang memancarkan atau mengandung Magnetik, sebab DVD merupakan penyimpanan yang mengunakan bahan dari mangetik supaya tidak menyebabkan kerusakan data-data pada DVD tersebut
  • Bersihkan DVD dari Debu dan kotoran yang menempel pada DVD. Untuk mengatasinya, bersihkan DVD secara teratur dengan pembersih khusus dan bulu-bulu halus. Gunakan kain yang lembut untuk membersihkannya dan jangan terlalu keras dalam membersihkannya.
  • Simpan DVD di tempat yang kering dan jauh dari jangkauan sinar matahari atau dan benda-benda yang menghasilkan panas.
  • Berilah label dengan menuliskan dengan sepidol pada bagian atas DVD atau dengan memberi label khusus setiker lingkaran untuk DVD untuk mempermudah dalam mencari isi data-data dalam DVD.

Mungkin ini beberapa tips untuk merawat DVD agar tetap awet dan data-data tersimpan dengan aman, terimakasih semoga bermanfaat.

Discussion

  1. Kita Sehat
  2. maual
  3. Intan
  4. yadi supriadi

Leave a Reply