Tips merawat baterai ponsel agar awet

19
146

Sepele, tetapi kerap dilupakan. Ya, baterai ponsel memang jarang diperhatikan. Bahkan sering diperlalukan secara semena-mena. Hasilnya jangan heran jika tiba-tiba baterai ponsel anda mati total.
Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya kita mula memperhatikan hal-hal yang dapat membuat baterai tetap awet. Berikut adalah beberapa tips agar baterai ponsel kita awet tidak ngedrop :

  • Pengisian pertama 

Ketika membeli ponsel baru, saat itulah usia baterai dimulai. Agar baterai kita tetap berumur panjang, ada baiknya anda memperhatikan proses pengisian pertama. Sebab, ketika pertama kali mengisi baterai saat itu juga anda sedang mengaktifkan sel dalam baterai agar berfungsi maskimal.

  • Perhatikan lama pengisian 

Rata-rata waktu pengisian baterai yang ideal adalah sekitar dua jam, Namun karena malas menunggu, tak jarang pengguna ponsel meninggalkan ponsel yang sedang diisi baterainya.
jika baterai terlalu lama diisi bisa menyebabkan komponen pada baterai menjadi rusak, sehingga baterai menjadi tidak maksimal.

  • Mengisi didalam mobil

Bagi yang suka pergi kemana-mana dengan mobil, charger mobil tentu sangat berguna. Namun, voltasi pada mobil biasanya tidak stabil. Hal ini juga bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada baterai hp.

  • Menggunakan ponsel ketika sedang diisi

Anda mungkin termasuk orang uang suka menggunakan ponsel ketika sedang diisi baterainya. Entah karena kebiasaan. Ini juga dapat merusak komponen molekul dalam baterai. Sebab, ketika ponsel menyala lalu digunakan, akan terjadi arus keluar dan masuk di dalam baterai, Oleh sebab itu alangkah baiknya mengisi baterai dalam keadaan ponsel mati, kecuali jika ada keperluan yang sangat mendesak.

Terimakasih semoga bermanfaat ……….!!!!

19 KOMENTAR

  1. Untuk HP, yang paling boros baterai kayaknya HP BlackBerry yah.. Pengalaman sendiri soalnya…hehehe.. Tapi sudah dijual karena boros nya itu.. 😀
    ANyway, makasih tips HP nya..
    Salam 🙂

  2. Bener banget gan, ane melakukan yang tertera di point no. 2 sering di tinggal-tinggal, baru juga 2 minggu langsung ngedrop, emang sih baterai nya bukan yg original.

  3. utk batterey nikel yg baru perlu charger minimal 5 atau 6 jam sbb utk aktifkan sel2nya dan chargernya usahakan hape dlm keadaan mati sedangkan batterey jenis lithium beda…utk baru charger 2 jam an saja dan selama charger kondisi hidup usahakan apabila berkurang segera charger jgn menunggu habis/ low spt jenis nikel, meski jenis lithium wkt charger kondisi hidup usahakan jgn dipakai aktivitas kirim sms atau tlp.

  4. wah makasih pak tipsnya.saya salah dong selama ini saya sering ngecas sambil saya pakai internetan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.