Tips Menyapih Bayi Dengan Tepat dan Penuh Kasih Sayang

KeluargaSamawa.com – Proses memberikan susu langsung dari sang ibu dapat menciptakan ikatan emosional bagi bunda dengan buah hatinya. Kebanyakan bayi juga lebih nyaman dan mendapat ketenangan dengan menyusu langsung dari bundanya. Namun seiring waktu berjalan, buah hati anda tumbuh semakin dewasa, dan disaat yang sama produksi asi bunda juga makin sedikit/berkurang. Oleh karena itu, bunda perlu memberikan asupan makanan sebagai pendamping asi agar sang buah hati tumbuh optimal. Hingga akhirnya suatu saat nanti, pemberian asi berhenti total atau menyapih bayi dan digantikan susu formula serta asupan makanan.

Namun, seperti yang kita tahu, tak sedikit ibu yang kesulitan saat akan menyapih buah hatinya. Karena sudah terlanjur menjadi kebiasaan membuat sang anak sedikit susah untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Tips Menyapih Bayi Dengan Tepat dan Penuh Kasih Sayang

Namun tenang bunda, semua pasti ada solusinya. Nah berikut beberapa tips menyapih bayi secara efektif yang dapat bunda terapkan.

  • Kurangi frekuensi menyusui

Ketika dirasa sudah mantap untuk melakukan penyapihan ini, bunda bisa mengurangi frekuensi menyusui. Jika biasanya mungkin menyusui dilakukan sepanjang hari. bunda bisa merubahnya, dengan hanya memberinya pada malam hari saja. Karena siang hari adalah waktu yang tepat untuk mengenalkan berbagai rasa serta tekstur makanan.

Baca juga : Tips Agar ASI Mau Keluar Banyak

  • Mengganti kebiasaan

Jika biasanya buah hati anda menyusu sebelum tidur, perlahan anda bisa mengganti ritual ini dengan cara lain seperti membacakan dongeng atau mendengarkan music klasik. Ciptakan kenyamanan agar buah hati dapat tertidur tanpa menyusu.

  • Memberikan makanan

Ketika buah hati anda sudah mulai tertarik dengan makanan selain asi, ada baiknya anda mulai membuatkan menu khusus untuk buah hati anda. selain membantunya belajar mengenal rasa serta tekstur makanan, pemberian hidangan bisa mengurangi ketergantungan buah hati anda terhadap asi. Jika buah hati anda telah kenyang, maka ia bisa lupa dengan asinya.

  • Berikan susu formula

Cara paling simple dalam menyapih adalah dengan memberikan buah hati kita susu formula sebagai pengganti asi. Pilih rasa susu formula yang paling diminati anak anda. Ketika anak sudah tertarik dengan susu formula, maka perlahan ia akan meninggalkan asi. Namun, anda juga perlu memperhatikan ada tidaknya gejala alergi susu sapi pada buah hati anda.

  • Libatkan keluarga

Menyapih bukanlah sepenuhnya tanggung jawab sang bunda. Libatkan semua anggota keluarga untuk membantu anda dalam proses ini. Biasakan anak meminta susu tidak hanya dengan ibunya saja, namun dengan ayah ataupun anggota keluarga lain. Selain mensukseskan menyapih, cara ini juga dapat meningkatkan kemandirian sang bayi.

Baca juga : Penyebab Bayi tidak Bisa Tidur Nyenyak

Nah, semoga tips menyapih bayi diatas dapat membantu para ibu yang tengah berencana atau kesulitan menyapih buah hatinya. Hindarkan menyapih dengan cara yang dapat memberikan efek trauma pada anak (seperti mengoleskan kunyit, brotowali ataupun balsam). Usahakan menyapih dengan cara yang tepat dan penuh kasih sayang karena menyapih juga membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply