RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Tips Menjalankan Puasa Sambil Traveling

Traveling saat bulan Ramadhan, mungkin terdengar sedikit aneh bagi anda yang terbiasa menghabiskan waktu puasa bersama keluarga di rumah. Namun jangan salah bagi sebagian orang traveling saat bulan Ramadhan justru memiliki arti dan makna tersendiri, mulai dari merasakan waktu berbuka dan sahur hingga kemeriahan suasana Ramadhan yang berbeda-beda pada setiap kota atau negara yang disinggahi.

Nah, untuk anda yang ingin menjalankan puasa sambil traveling, sebaiknya simak beberapa tips yang kami rangkum berikut ini.

Menjalankan Puasa Sambil Traveling, Kenapa Tidak?

  • Merencanakan Perjalanan Sebaik Mungkin

Perencanaan adalah salah satu hal wajib yang harus anda lakukan sebelum berangkat traveling. Perencanaan yang baik akan menentukan kualitas perjalanan yang baik pula. Saat puasa tentu perencanaan traveling sedikit mengalami perubahan karena anda harus memperhatikan waktu berbuka dan makan sahur.

Bila anda traveling ke luar negeri usahakan untuk mencari tahu masjid atau komunitas muslim yang terdekat dari lokasi hotel agar anda tidak merasa sendrian menjalankan tradisi Ramadhan di luar negeri. Agar anda mendapat informasi yang akurat dan mudah, tanyakan pada petugas hotel rekomendasi tempat untuk berbuka dan makan sahur serta tempat beribadah.

Tips Menjalankan Puasa Sambil Traveling

Tips Menjalankan Puasa Sambil Traveling

Selain itu anda juga perlu memperhatikan daftar tujuan wisata dan mencari informasi secara detail tentang lokasi yang akan anda kunjungi untuk meminimalir salah jalan (tersasar). Anda juga perlu tahu dengan detail masjid di sekitar lokasi, dan tempat untuk berbuka agar bisa memperkirakan dengan baik jadwal jalan-jalan atau shooping anda dan setelahnya bisa langsung mampir untuk berbuka puasa dan ibadah sesuai rencana anda.

  • Menjaga Kesehatan Tubuh

Meski sedang berpuasa, saat traveling tentu banyak aktifitas yang anda lakukan di luar ruangan, hal ini mengharuskan anda untuk tetap menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat salah satunya dengan makan makanan yang bernutrisi dan berkalori tinggi agar stamina tetap terjaga.

Baca juga : Shalat Jamak dan Qashar Perlu dipahami Muslim Suka Travelling

Asupan makanan seperti susu, sayur, buah  bisa jadi harus selalu mengisi waktu berbuka dan sahur anda disamping menu lain yang ingin anda cicipi karena selain meningkatkan energi juga membuat tubuh tetap terhidrasi. Anda juga bisa mengkonsumsi madu dan vitamin sebagai pelengkap gizi dan energi dalam tubuh, selain itu perbanyak minum air putih dan kurangi minum teh yang akan membuat anda cepat merasa haus.

  • Bawa Barang Yang Efisien Dan Praktis

Bila rencana perjalanan sudah tersusun rapi artinya anda sudah tahu apa saja kebutuhan barang yang akan anda bawa. Jadi, tidak ada alasan untuk membawa barang diluar kebutuhan yang akan menyusahkan anda saat perjalanan. Memilih barang juga harus anda pilah agar lebih efisen dan praktis seperti membawa baju yang ringan tetapi tetap nyaman dan mudah menyerap keringat.

  • Tahu Ukuran Fisik Diri Sendiri

Meski sudah merencanakan lokasi apa saja yang akan anda kunjungi terkadang saat perjalanan anda bisa saja tertarik mengunjungi tempat lain di luar perencanaan. Hal ini sebenarnya boleh saja, asal anda tahu ukuran fisik diri sendiri, dan tidak berlebihan yang akhirnya membuat anda kelelahan bahkan memicu batalnya puasa.

  • Selalu Sediakan Camilan Di Dalam Tas

Tidak ada yang tahu, apa yang akan terjadi selama perjalanan, meskipun anda sudah melakukan perencanaan dengan baik tetapi bisa saja terjadi hal-hal diluar rencana anda. Misalkan transportasi anda telambat datang, macet di jalan, cuaca buruk sehingga anda harus berteduh dan beberapa kemungkinan lain diluar kendali anda.

Maka selalu menyediakan camilan dalam tas bisa membantu anda untuk membatalkan puasa dan mengisi energi sementara. Usahakan untuk membawa camilan yang mampu meningkatkan kadar gula dalam tubuh dengan cepat seperti kurma, roti gandum dan susu kemasan.

Baca juga : Kegiatan Menarik yang Hanya Ada Selama Bulan Ramadhan

Nah, itu dia diatas informasi seputar tips menjalankan puasa sambil melakukan traveling, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.