RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Tips Menjalankan Olahraga secara Rutin Meskipun Sedang Puasa

Tips rutin berolahraga meskipun puasa – Puasa seringkali menjadikan seseorang malas melakukan aktivitas berat terutama olahraga. Padahal tahukah anda? Justru olahraga ini sangat penting bagi tubuh agar kesehatan tetap terjaga, badan menjadi bugar, dan kekuatan otot tetap terjaga.

Melakukan olahraga saat puasa tentu bukan hal yang mudah karena kondisi tubuh yang lemas akibat kurang cairan dan asupan makanan, tetapi hal ini bukan berarti menjadi halangan untuk tetap berolahraga, apabila anda melakukannya dengan cara yang tepat. Untuk itu, sebaiknya simak  4 tips rutin berolahraga meskipun puasa, yang telah kami rangkum berikut ini.

Tips rutin berolahraga meskipun Puasa Bulan Ramadan

  • Menyesuaikan Porsi Olahraga

Selama puasa Ramadan tubuh mengalami perubahan metabolisme dan siklus biologis akibat pola makan yang berubah dan waktu bangun untuk makan sahur.  Hal ini tentu sangat berpengaruh pada kondisi fisik dan penyesuaian porsi olahraga yang akan anda lakukan. Salah satu contoh olahraga angkat beban. Maka ada 2 hal yang bisa anda kurangi yakni bobot bebannya atau frekuensi pengulangan.

Tips rutin berolahraga meskipun puasa

Tips rutin berolahraga meskipun puasa

Jika biasanya anda melakukan angkat beban 5 kg dengan pengulangan 10 kali per set, maka saat puasa anda bisa merubah porsinya sebagai berikut:

  • Pilihan 1 : mengangkat beban 5 kg, dengan 5 kali pengulangan
  • Pilihan 2 : beban yang diangkat berkurang 3 kg, dengan pengulangan 10 kali
  • Pilihan 3 : mengangkat beban 3kg, dengan pengulangan 5 kali

Hal diatas merupakan contoh bagaimana menyesuaikan porsi olahraga dan bisa anda terapkan sesuai olahraga yang anda lakukan, tetapi yang paling penting adalah melakukan porsi olahraga sesuai kemampuan anda dengan kurva fisik yang teratur dan terukur. Mengingat bulan puasa berlangsung cukup lama untuk itu anda harus mengaturnya jauh-jauh hari.

  • Atur Asupan Makanan

Selain olahraga makanan menjadi bagian penting untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengatur asupan makanan dalam tubuh yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral akan membuat kebutuhan zat gizi dalam tubuh terpenuhi dengan baik.

Seperti kandungan protein yang bisa anda optimalkan saat berbuka ataupun makan sahur. Usahakan untuk memilih protein yang sumbernya langsung dari makanan ketimbang protein dalam bentuk bubuk karena protein dari makanan penyerapannya lebih lambat sehingga dapat bertahan lebih lama dalam tubuh. Tapi bila anda ingin tetap mengkonsumsi protein dari bubuk pilihlah yang berbahan dasar kasein, bukan whey.

Baca juga : Ini Dia 6 Tips Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan

Selain itu untuk karbohidrat, usahakan untuk memenuhinya dengan karbohidrat kompleks dan serat yang memiliki indeks glikemik rendah agar energi dalam tubuh dapat bertahan lebih lama.

  • Mengatur Waktu Olahraga

Melakukan olahraga di waktu yang tepat adalah salah satu kunci keberhasilan saat menjalankannya di bulan puasa Ramadan. Anda bisa memilih melakukan olahraga beberapa jam setelah sahur, 30-60 menit menjelang waktu berbuka, dan setelah berbuka puasa.

Walaupun banyak yang menyarankan untuk melakukan olahraga saat tubuh masih memiliki energi yang cukup seperti setelah sahur atau setelah berbuka namun pilihan ada pada anda. Tentukan waktu olahraga sesuai kemampuan dan kondisi fisik anda, karena yang paling tahu kondisi anda adalah diri anda sendiri.

  • Pilih Jenis Olahraga Yang Tepat

Banyak jenis olahraga yang bisa anda pilih dan lakukan terutama saat bulan puasa Ramadan. Dalam memilih jenis olahraga tentu semua sesuai kemampuan anda tetapi ada beberapa jenis olahraga yang disarankan saat puasa Ramadan seperti berjalan santai, berenang, yoga, tai chi, dan bersepeda. Sebaliknya hindari olahraga berat yang dapat membuat tubuh kehilangan energi dengan cepat saat puasa, seperti senam aerobik, jogging, sepak bola, dan tenis.

Baca juga : Tips Menjalankan Puasa Sambil Traveling

Baiklah, itu tadi diatas, beberapa Tips rutin berolahraga meskipun puasa. Dengan rutin berolahraga, tentunya tubuh akan tetap bugar dan bisa selalu produktif.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.