LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Menjadi Istri Bijaksana yang Menjadi Idaman Para Suami

Tips Menjadi Istri Bijaksana – Tentunya kita semua sudah tahu, jika kodrat seorang wanita adalah menjadi istri bagi suami dan ibu bagi anak-anaknya. Dan meskipun terlihat sepele, nyatanya menjadi istri yang bijaksana bukanlah hal yang mudah. Perlu memiliki kesabaran secara mental dan fisik dalam mengasuh, mengatur, mendidik dan mengabdi pada keluarga, baik pada anak-anak serta suami.

Nah, bicara mengenai seorang istri, kali ini kami akan membagikan beberapa tips menjadi istri yang bijaksana dan ideal. Penasaran?

Tips Menjadi Istri Bijaksana

  • Menjadi Sahabat bagi Suami dan Anak

Menjadi seorang ‘istri’ atau ‘ibu’ saja tidak cukup menjadikan suatu keluarga yang harmonis. Dibutuhkan peran lain yang tak kalah pentingnya, yakni sebagai ‘sahabat’ agar Bunda dan suami ataupun Bunda dan buah hati menjadi pasangan yang saling terbuka. Menjadi sahabat bagi suami berarti siap untuk berbagi seluruh suka dan duka, seperti yang terucap pada janji pernikahan. Istri yang selalu mendukung suami di masa krisisnya, dapat semakin menguatkan jalinan cinta berdua.

Sementara dalam mendidik buah hati, suami dan istri harus berkolaborasi dalam membimbing dan mengarahkan mereka sampai dewasa. Agar lebih akrab dan lebih dekat, sebaiknya Bunda berusaha menempatkan diri sebagai sahabat bagi anak. Peran sebagai sahabat inilah yang akan memudarkan adanya sekat kaku antara ibu dan anak, sehingga anak lebih nyaman dalam berbagi cerita kepada sang bunda.

Tips Menjadi Istri Bijaksana

Tips Menjadi Istri Bijaksana

  • Menjadi Pembimbing atau Guru yang Baik

Cara terbaik dalam mendidik anak yaitu dengan memberikan teladan melalui tindakan, bukan hanya tuturan lisan semata. Artinya, Bunda harus mencontohkan kepada anak mengenai hal-hal yang patut dikerjakan atau ditinggalkan. Walaupun Bunda bukan berprofesi sebagai seorang guru, namun Bunda harus membiasakan diri ikut belajar bersama sang buah hati.

Bunda ingin memiliki anak yang terpelajar bukan? Maka dari itu, berilah dia contoh sejak dini. Selain untuk memberikan contoh yang baik, dengan ikut serta belajar bersama anak, maka pengetahuan yang Bunda dapatkan juga bertambah. Pengetahuan tersebut dapat menjadi bekal untuk selalu menjadi orang tua sekaligus guru yang baik.

Baca juga : Ciri-Ciri Keluarga yang Harmonis Dalam Agama Islam

  • Berperan sebagai Dokter Keluarga yang Handal

Meskipun Bunda bukanlah seorang dokter, namun sebagai ibu yang baik juga akan memosisikan diri sebagai perawat dan dokter dalam keluarga. Seorang ibu yang baik harus memahami pertolongan dasar dalam menangani hal-hal yang tidak terduga, terutama dalam menyediakan obat-obatan dalam kotak P3K.

Jika sang suami atau buah hati sedang sakit, Bunda harus selalu menemai dan merawatnya, serta memberikan obat untuk meredakan rasa sakitnya. Jika sakit semakin berlanjut, segera hubungi dokter untuk pertolongan selanjutnya. Jadilah penyemangat dalam memberikan kekuatan dan keyakinan agar cepat sembuh.

  • Berperan sebagai Manajer Keluarga

Menjadi ibu rumah tangga yang baik berarti juga harus mampu memosisikan diri sebagai manajer keluarga. Tanpa rencana, manajemen waktu, dan aturan dari seorang ibu, suatu rumah tangga akan menjadi kapal oleng yang tidak memiliki peraturan sebagai dasar berlayarnya. Peraturan dan manajemen waktu yang disiapkan oleh ibu rumah tangga bertujuan untuk menyelesaikan semua pekerjaan dengan tepat waktu agar rumah menjadi lebih teratur

  • Berperan sebagai Menteri Keuangan Keluarga

Dalam mengatur anggaran rumah tangga, istri yang baik harus dapat menyeimbangkan antara pengeluaran dan pendapatan keluarga. Bunda harus cerdas dalam membelanjakan uang suami dengan sewajarnya. Terlebih lagi, istri yang baik harus bisa menghemat pengeluaran dan berusaha menabung untuk mengantisipasi kondisi perekonomian tak terduga di masa depan. Hal ini dapat menghidarkan keluarga agar tidak perlu meminjam uang jika terjadi hal tak terduga karena sudah memiliki tabungan keluarga.

  • Menjadi Penasihat yang Bijak

Menjadi penasihat dan motivator yang baik merupakan salah satu rahasia menjadi ibu yang akan selalu dicintai suami dan anak-anak. Sebagai istri yang bijak, Bunda harus bisa menyikapi berbagai masalah secara bijaksana dan bukan malah memperkeruh keadaan. Sementara sebagai ibu yang baik, Bunda berperan dalam memahami tumbuh kembang anak-anak, membantu memberikan nasihat-nasihat yang dibutuhkan, dan membangkitkan kepercayaan diri sehingga menjadi sosok yang dewasa dan bijaksana juga.

  • Merawat Diri untuk Suami

Jangan jadikan pekerjaan rumah yang menumpuk sebagai alasan untuk mengabaikan penampilanmu ya, Bunda. Berusahalah untuk selalu merawat diri dan berpenampilan yang cantik walaupun berada di dalam rumah. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan suami dan anak-anak agar selalu betah di rumah dan menghindari melirik wanita lain. Jadi, jangan sepelekan poin ini ya, Bunda!

  • Menjaga Kebersihan Rumah secara maksimal

‘Rumahku adalah Istanaku’, maka wujudkanlah pepatah tersebut untuk menjadikan rumah sebagai istana keluarga. Rumah yang bersih, rapi, dan sehat merupakan hal penting untuk menciptakan kenyamanan keluarga. Oleh karena itu, jangan pernah bermalas-malasan dalam membersihkan rumah setiap hari. Jika rumah bersih dan nyaman, maka suami dan anak-anak akan betah tinggal di rumah dan juga terhindar dari penyakit yang diakibatkan dari rumah yang kotor.

Baca juga : Kriteria Pria Idaman Calon Suami Yang Islami

Demikian diatas ulasan yang bisa kami bagikan mengenai tips menjadi istri yang bijaksana, sekaligus juga menjadi ibu rumah tangga yang hebat. Selamat mencoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.