LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips mengurangi kecanduan internet

Bukan hanya narkoba saja yang bisa membuat seseorang kecanduan, ternyata internetpun bisa membuat kita ketagihan bahkan kecanduan. Kita bisa menghabiskan banyak waktu untuk berlama-lama berinternet, internet telah sukses menyihir kita sehingga bisa kecanduan internet, bagi sobat-sobat tipsh4re yang sudah terbiasa menggunakan internet akan merasakan ini. Sehari saja tidak internetan pasti kita akan merasa penasaran ingin mengecek update status baru, email baru, dll.

Internet memang memberikan banyak manfaat buat kita semua, bisa untuk saling sharing/berbagi, berkomunikasi, menjalin persahabatan, namun pemakaian internet perlu kita atur dan di jadwal agar pekerjaan yang lain tidak terbengkalai.


Apa aja sih dari internet yang bisa membuat kita ketagihan, semua tergantung dari masing-masing individu ada yang suka berlama-lama di jejaring social, ada yang suka download, ada yang suka bermain game online, berkirim pesan, blogging dll.

Berikut tips dari tipsh4re yang bisa di coba buat sobat-sobat tips mengurangi kecanduan internet :
  • Kita pasti kalau memilih internet memilih yang unlimited artinya kita bebas menggunakan internet kapan saja sepuasnya, ada yang di batasi quota kemudian kecepatan akan turun, ada juga yang tidak dibatasi sama sekali. Terkadang kita ingin menghabiskan internet full, baik untuk download karena sayang kalau tidak di pakai, namun ada satu yang membuat kita boros yaitu listrik, dan akan membuat laptop kita akan bekerja terus dan panas, dan bisa mempercepat kerusakan komputer/laptop kita maka kita harus pandai-pandailah mengatur waktu untuk berinternet.
  • Untuk sobat-sobat yang tidak terlalu suka download, bisa kita coba pilih internet dengan ketentuan quota artinya kita akan di batasi berdasarkan jumlah kapasitas dari penggunaan internet misalnya 500 MB, 1G dst. Dengan kapasitas kuota ini bisa mengurangi kecanduan terhadap internet dan tarifnya pun biasanya lebih murah namun dibatasi sehingga kita bisa berhemat dalam menggunakan internet dan hemat listrik juga tentunya.
  • Bisa juga kita patungan dengan teman satu kos/satu kamar dalam menggunakan internet, ini juga cara yang bisa kita coba untuk mengurangi ketagihan internet jadi kita bisa bergantian dalam menggunakan internet dan biayanyapun bisa lebih murah.
  • Aturlah waktu yang tepat untuk internetan misalnya sehari 3-4 jam.
  • Kurangi sedikit demi sedikit kebiasaan berlama-lama di internet, selain bisa mengangu kesehatan kita, juga bisa menggangu hubungan sosial pada dunia nyata.
Terimakasih semoga bermanfaat, gunakan internet untuk hal-hal yang positif.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.