LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Menghindari Bullying pada Anak

KeluargaSamawa.com – Bullying bisa terjadi pada siapa saja termasuk pada anak-anak, dan saat kita berbicara mengenai bullying pada anak seperti sekarang ini, kita tahu ada dua unsur di dalamnya, yakni anak yang menjadi korban dan anak yang menjadi pelaku. Baik korban maupun pelaku sama-sama perlu mendapatkan perhatian khusus terutama dari orang-orang terdekatnya, termasuk orang tua dan gurunya.  Bullying, apapun itu bentuknya dan dimanapun terjadinya jelas bisa membawa dampak negatif. Dan agar anak Anda tidak mengalami dampak negatif bullying tersebut, Anda harus berusaha sedemikian rupa agar anak bisa terhindar. Bagaimana caranya?, Berikut Tips Menghindari Bullying pada Anak

Tips Menghindari Bullying pada Anak :

  • Miliki Hubungan yang Baik dengan Anak

Tips menghindari bullying pada anak yang pertama adalah Anda sebagai orang tua harus memiliki hubungan yang baik dengan anak. Salah satu cara untuk memiliki hubungan yang baik ini adalah dengan menjalin komunikasi yang baik pula. Sehingga dengan demikian, anak akan selalu terbuka, dan jika nanti terjadi sesuatu yang tidak beres, sedari awal anda bisa mendeteksinya dan mencari jalan keluarnya.

Baca juga : Manfaat Mendengarkan Keluhan Anak

  • Bentuk Karakter Anak Sedini Mungkin

Bagaimanapun anak Anda tidak hanya akan berhubungan dengan Anda saja, karena pastinya sang anak juga akan berhubungan dengan teman dan orang lain yang lebih besar darinya. Nah, dengan kondisi ini, Anda sebagai orang tua perlu membentuk karakter anak sedini mungkin agar bisa bertahan di lingkungan sosialnya.

Cara untuk membentuk karakter anak ini bisa Anda tempuh melalui mengajarkannya agar pandai bergaul dan berinteraksi, mengajarkannya berkata tidak, pada siapapun yang hendak melakukan kekerasan terhadapnya dan mengajarkannya agar bisa beradaptasi dengan mudah di lingkungan sosialnya sehingga anak Anda tidak menjadi anak yang pemalu.

Tips Menghindari Bullying pada Anak

Tips Menghindari Bullying pada Anak

  • Berikan Kasih Sayang yang Cukup pada Anak

Tips yang selanjutnya adalah Anda sebagai orang tua harus memberikan kasih sayang yang cukup kepada anak Anda, supaya anak Anda tetap berperilaku baik sekalipun mereka sedang ada di luar rumah. Kasih sayang yang cukup bukan berarti membiarkan anak melakukan apa yang mereka mau, karena kasih sayang yang kami maksudkan di sini adalah Anda juga berperan sebagai pemegang otoritas. Jadi, Anda pun harus bersikap tegas terhadap mereka jika mereka melakukan kesalahan.

Baca juga : Tips Jitu Supaya Anak tidak Berbohong

  • Latih Anak Anda agar Bisa Menyelesaikan Masalahnya Sendiri

Meskipun Anda sudah berhasil membentuk karakter anak dengan kuat, bukan berarti anak Anda terbebas dari kemungkinan untuk menjadi korban bully. Maka dari itu Anda juga sebaiknya memperhatikan tips kami yang keempat ini, yakni melatih anak Anda supaya bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.

Caranya? Tentu saja dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dan jangan selalu membantunya karena itu justru akan membuat anak Anda menjadi sasaran yang empuk bagi pelaku bully.

Nah, itulah 4 tips menghindari bullying pada anak yang bisa Anda perhatikan. Penting untuk Anda sebagai orang tua mengambil langkah-langkah pencegahan seperti di atas karena bagaimanapun juga perilaku bullying ini berdampak tidak baik untuk masa depan anak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.