LiburanLiburan Asik !!

Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Anda seringkali stres karena mendapati pekerjaan anda sudah menumpuk dan deadlinenya sudah dekat, padahal sebelumnya anda punya banyak waktu luang? Ya, itu hal yang sering dialami oleh orang-orang yang sering menunda-nunda tugas atau pekerjaannya. Lantas bagaimana solusi atau tips menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan tersebut?

Nah, berikut ini kami akan bagikan beberapa tips menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan yang ampuh, yang sebaiknya anda coba. Apa sajakah itu?

  1. Catat Setiap Tugas/ Pekerjaan dan Tetapkan Deadlinenya Sebelum Waktunya.

Setiap orang pada dasarnya punya sifat pelupa. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda punya buku catatan khusus untuk mencatat setiap pekerjaan secara detail, lengkap dengan deadlinenya. Ini adalah poin pertama dan sangat penting untuk tips menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan.

Selain buku catatan, anda juga bisa membuat papan pengingat yang bisa dipasang di kamar anda atau di meja kerja, sehingga memperbanyak frekuensi list pekerjaan tersebut dapat terlihat dan memotivasi anda untuk segera menyelesaikannya.  Dan usdahakan deadline tersebut anda tetapkan 1-2 hari sebelum deadline aslinya.

Baca juga : Tips Supaya Pekerjaan tidak Menjadi Beban

tips menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan
tips menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan
  1. Tetapkan Waktu Khusus untuk Bekerja.

Tetapkan waktu khusus untuk bekerja. Atau jika anda sudah menyicil pekerjaan dengan memanfaatkan beberapa menit waktu senggang di sela-sela kegiatan lainnya, tetapkan waktu khusus untuk mereview kembali pekerjaan tersebut dan merampungkannya.

Usahakan waktu tersebut bebas dari gangguan hal-hal lain dan waktu tersebut adalah waktu-waktu dimana anda bisa berkonsentrasi dengan baik. Kebanyakan orang memilih waktu malam sebelum tidur atau subuh. Namun tentunya itu tergantung pada pribadi masing – masing.

  1. Memaksa Diri untuk Bekerja.

Jangan menunggu inspirasi datang, untuk memulai suatu pekerjaan tapi paksalah diri anda untuk memulai pekerjaan terlebih dahulu, maka inspirasi akan datang dengan sendirinya. Karena jika anda menunggu inspirasi baru anda memulai untuk bekerja maka anda akan selalu punya alasan untuk menunda dan tidak memulainya.

  1. Ciptakan Suasana yang Nyaman untuk Bekerja.

Jika anda punya hobi mendengarkan musik, putarlah musik jika sedang bekerja untuk membangkitkan semangat anda dalam bekerja. Atau jika anda menyukai suasana hening dan tenang, bekerjalah di ruangan yang memungkinkan anda untuk berkonsentrasi dan suasananya tenang. Biasanya orang yang menyukai suasana hening akan menyediakan ruangan khusus sebagai ruang kerja untuk membantunya berkonsentrasi.

  1. Beri Penghargaan pada Diri Anda Jika Berhasil Mengerjakan Pekerjaan dengan Baik dan Tepat Waktu.

Biasakan untuk memberi diri anda hadiah (reward) sebagai bentuk pengharaan pada diri sendiri karena telah berhasil mengerjakan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

Hadiahnya tidak perlu mahal dan berlebihan, hadiah–hadiah sederhana saja sudah cukup. Misalnya: menonton film kesukaan anda di bioskop, makan di kafe langganan anda, atau biasanya perempuan akan ke salon untuk melakukan perawatan yang murah meriah, dan lain-lain.

Baca juga : Kiat Memotivasi Diri Supaya Karir Anda Bisa Lebih Baik

Demikian informasi yang bisa kami bagikan terkait tips menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan. Semoga anda bisa mengambil manfaat dari ulasan diatas.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.