LiburanLiburan Asik !!

Tips Menghemat Uang Saat Kuliah

Sebagai anak kuliahan, mengatur uang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Dorongan untuk membeli barang ini dan itu, menjadikan pengeluaran kita kadang lebih besar dari pada pemasukan. Belum lagi jika datang undangan untuk nongkrong di cafe, atau tempat makan lainnya. Mau tidak mau, pasti kita akan mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit.

Dan efeknya, hal tersebut membuat kita pusing saat akhir bulan, karena uang saku sudah keburu habis duluan sebelum jatah uang kiriman tiba. Oleh karenanya, kita sebagai anak kuliahan harus pandai berhemat agar tidak sampai terjadi hal demikian, dengan cara menerapkan berbagai tips berikut ini.

Tips Menghemat Uang Saat Kuliah :

  1. Buatlah rencana pengeluaran

Perencanaan pengeluaran yang baik bisa membantu kita untuk berhemat. Perhitungkan belanja bulanan yang sudah pasti seperti sabun, shampo, mie instan dan lain – lain. Selain itu, perhitungkan juga biaya transportasi, misal uang untuk membeli bensin adalah 100ribu / bulan. Dan yang paling penting pulsa paketan mu jangan sampai terlewatkan ya..! Buatlah rencana pengeluaran terlebih dahulu, agar nanti bisa di sesuaikan dengan pemasukan. Dengan perencanaan yang baik tersebut, kita bisa lebih teliti dalam mengelola keungan.

kuliah
Tips Menghemat Uang Saat Kuliah
  1. Buat catatan pengeluaran harian

Catatan harian ini sangat penting untuk dibuat, karena bisa membantu kita untuk melihat kembali daftar pengeluaran. Buatlah catatan harian seperti, berapa jumlah uang yang kita keluarkan untuk makan, atau sekedar jajan di kantin dalam sehari. Sehingga kita bisa memperkirakan berapa banyak pengeluaran untuk biaya makan dalam satu hari. Kemudian, pastikan juga jumlah pengeluaran kita tidak lebih dari anggaran bulanan.

Baca juga : Kuliah Sambil Kerja, Kenapa Tidak?

  1. Tidak melanggar aturan yang telah dibuat

Dalam fase penghematan ketika masa kuliah, hal yang paling penting dilakukan adalah tidak melanggar semua aturan keuangan yang telah dibuat. Biasanya kita mudah sekali terpengaruh dengan godaan teman untuk menghamburkan uang seperti, pergi makan diluar terlalu sering, atau sekedar menonton film di bioskop. Meski semuanya boleh – boleh saja dilakukan, tapi kita juga perlu untuk mengontrol keuangan agar tetap aman sampai akhir bulan.

  1. Cobalah untuk masak sendiri

dari pada membeli makanan diluar yang mahal dan belum tentu sehat, sebaiknya kita memasak makanan kita sendiri. Coba hitung kembali, saat kita membeli makanan diluar dengan ongkos membeli bahan makanan untuk dimasak sendiri lebih mahal yang mana?

Bagi anak kuliahan, keahlian dalam memasak ini penting sekali. Tidak hanya menyelamatkan perut yang kelaparan, tapi juga menyelamatkan kantong dari kebangkrutan di akhir bulan.

  1. Tidak melanggar aturan perencanaan keuangan

jika semua hal diatas telah dilakukan, maka berikutnya kita perlu menahan diri untukk tidak melanggar aturan perencanaan keuangan yang telah dibuat sebelumnya. Biasanya sekali kita melanggar aturan, maka aturan berikutnya akan lebih mudah untuk dilanggar.

Baca juga : Inilah Jurusan Kuliah dengan Masa Depan Karir Cerah yang Sebaiknya Anda Pertimbangkan

Dengan Tips Menghemat Uang Saat Kuliah, pastinya anda akan bisa berhemat dalam urusan keuangan saat masa – masa krisis ketika kuliah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.