LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips menghemat penggunaan kertas

Berhemat dalam menggunakan kertas, selain untuk mengurangi biaya pengeluaran untuk membeli kertas serta secara tidak langsung berarti kita membantu melestarikan alam dan  telah mengurangi dampak pemanasan global yang sedang terjadi saat ini.  Coba bayangkan berapa lembar kertas yang digunakan setiap harinya di dunia baik mencetak dokumen-dokumen. Berapa banyak pohon yang ditebang untuk membuat lembaran-lembaran kertas.
 
Semakin banyak kita menggunakan kertas berarti kita semakin lebih cepat menyumbangkan kerusakan hutan yang ada di Indonesia bahkan di dunia ini, maka berhemat kertas merupakan salah satu solusi untuk mengurangi dampak kerusakan hutan, serta mengurangi dampak  pemanasan global. 
Seiring perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih dengan sistem digital dan online ini sangat membantu dalam mengurangi penggunaan kertas karena sudah bisa disimpan dalam bentuk memory secara digital dan online.
Berikut tips-tips dalam menghemat pengunaan  kertas :
  • Gunakan kedua sisi lembar kertas untuk mencetak dokumen-dokumen yang tidak terlalu penting atau di perbolehkan bolak-balik dalam mencetak dokumen, selain bisa menghemat kertas juga bisa menghemat angaran biaya pengeluaran untuk membeli kertas. Semisalnya dalam mencetak materi-materi sekolah, materi kuliah, soal-soal, bisa dicetak dengan bolak- balikkan.
  • Jangan membuang kertas bekas yang masih memiliki 1 sisi yang bisa digunakan untuk mencetak dokument.
  • Menyimpan dokumen dan foto dalam bentuk memory digital ini merupakan cara menghemat kertas yang paling efektif dan efisien.
  • Ngeblog atau blogging atau menyimpan tulisan atau postingan yang bermanfaat melalui media online yaitu blog merupakan cara untuk menghemat pengunaan kertas. Jadi blogger-blogger secara tidak langsung turut membantu menelestarikan lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas.
  • Membaca berita melalui media online juga merupakan cara menghemat penggunaan kertas, tapi memang tidak semua lapisan masyarakat bisa mengakses internet. Media informsi melalui media cetak masih sangat dibutuhkan oleh semua lapisan  masyarakat terutama yang belum memiki akses internet. 
  • Mengumpulkan koran atau kertas bekas yang sudah tidak di pakai kemudian bisa dijual ke tukang loak kertas untuk didaur ulang kembali merupakan cara untuk menghemat penggunaan kertas.
  • Menggunakan sistem absensi digital juga merupakan cara menghemat penggunaan absensi manual, dan sistem absensi ini sudah banyak di pakai pada perusahan-perusahaan.

Masih banyak tips-tips dan cara-cara untuk menghemat penggunaan kertas, Ayo sobat-sobat berhemat dalam menggunakan kertas dan berhemat dalam-dalam segala hal untuk “MENJAGA KELESTARIAN ALAM DI BUMI KITA TERCINTA !! “

Terimakasih semoga bermanfaat, apabila ada tambahan, saran dan kritik silahkan berikan komentar !!!

2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.