LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips menghemat listrik

Listrik merupakan kebutuhan kita sehari-hari, kita tidak terlepas dari barang elektronik yang pasti membutuhkan listrik, listrik 1 hari saja padam, jangan kan 1 hari satu jam saja mati, rasanya kita menjadi kesal jengkel pekerjaan jadi terhambat, apalagi ketika kita sedang asik menonton pertandingan sepak bola, main game, sedang mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan komputer listrik tiba-tiba mati dan data-data tidak tersimpan kesal sekali rasanya. 
Selain listrik padam mungkin karena adanya gangguan teknis, juga karena pernah adanya pemadaman bergilir . Ini disebabkan karena pasokan daya yang tidak mencukupi karena jumlah pemakaian/konsumen listrik yang terus meningkat, bahkan pihak PLN pun menghimbau untuk menghemat listrik dengan mematikan dua lampu. Berhemat listrik selain dianjurkan oleh PLN, kita juga bisa menghemat pengeluaran biaya listrik per bulan. Untuk itu akan dibahas tips cara menghemat listrik
Tips-tips menghemat listrik :
  • Sesuaikan pengambilan daya dengan kebutuhan . PLN membagi pelanggan rumah tangga (kode R) menjadi tiga golongan: R1 (450 – 2.200 VA) untuk rumah tangga kecil, R2 (2.201 – 6.600 VA) rumah tangga menengah, dan R3 (6.601 VA ke atas) rumah tangga besar. Semakin besar daya maka beban biaya/ pajak akan semakin besar maka harus disesuikan dengan kebutuhan.
  • Mencabut jek/colokan barang elektronik dari stop kontak jangan malas karena masih ada sedikit daya yang dipakai ketika jek tidak di cabut.
  • Gunakan lampu-lampu pijar yang hemat listrik yang dijual dipasaran, meskipun harganya lebih mahal namun daya listriknya lebih hemat dan awet/tahan lama tidak mudah putus/mati. Lebih baik mengeluarkan biaya lebih mahal namun lebih hemat untuk jangka panjang 
  • Matikan lampu-lampu jika sudah tidak digunakan misalnya lampu kamar mandi.
  • Jangan Lupa matikan lampu-lampu pada siang hari. Manfaatkan bukaan rumah dengan baik, buka jendela rumah supaya cahaya matahari dan udara segar masuk kedalam rumah.
  • Gunakan alat-alat elektronik seperlunya, jangan biarkan TV menyala ketika sudah tidak digunakan, langsung dimatikan dan cabut kabel dari stop kontak. 
  • Gunakan UPS/batrai pada komputer/LP untuk menghindari mati lampu mendadak,untuk mengurangi kerusakan dan kehilangan data. Kalo data hilang otomatis harus buat dari awal, boros waktu dan boros listrik jugakan.
  • Jika ada biaya lebih beralihlah ke LCD. Layar LCD sangat hemat energi untuk jangka panjang kedepan.
  • Jika diperlukan gunakan kontrol/sensor otomatis: misalnya kontrol lampu kebun jadi lampu akan mati jika ada cahaya matahari secara otomatis. Kontrol pompa air dsb. Namun ini umumnya sih dipakai di kantor-kantor untuk mengurangi kelalaian manusia sehingga bisa menghemat konsumsi sumber daya.
 Ayo berhemat listrik..!!!
Terimakasih, klo ada yang kurang tepat silahkan dikritik/koreksi !!!!

9 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.