LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Mengatur Keuangan Keluarga Samawa

Dalam menjalani kehidupan keluarga setiap orang pasti menginginkan memiliki keluarga yang sakinah mawaddah serta Warahmah. Hal tersebut bisa Anda jalankan dengan memulai mengatur keuangan keluarga yang samawa. Di dalam kehidupan rumah tangga pasti Anda tidak akan pernah lepas dari masalah keuangan, untuk mengaturnya agar jauh lebih ekonomis serta sesuai dengan ajaran Islam sebaiknya Anda terapkan mulai sejak awal menikah.

  • Sebelum Anda menikah sebaiknya bersama pasangan Anda mulai membicarakannya terlebih dahulu sehingga ketika sudah sah menjadi suami istri tidak akan mendapatkan masalah. Bagi suami wajib hukumnya untuk memberikan nafkah kepada sang istri serta istri juga wajib untuk mengatur keuangan tersebut untuk keperluan makan, minum, pakaian dan sebagainya.
Tips Mengatur Keuangan Keluarga Samawa

Tips Mengatur Keuangan Keluarga Samawa

  • Untuk itu Anda harus mengatur keuangan keluarga sehingga akan jauh lebih berkah serta barokkah. Salah satu hal yang harus Anda cermati yaitu mengatur keuangan agar tetap cukup untuk menghidupi keluarganya dan tanpa adanya kekurangan. Untuk itu sebaiknya untuk membeli keperluan yang dibutuhkan saja dan jangan pernah melakukan kehidupan yang konsumtif.
  • Kebutuhan mendasar seperti bahan makanan, minuman, pakaian, uang sekolah serta uang untuk kesehatan sebaiknya yang didahulukan dan jangan terlalu untuk memaksakan membeli sesuatu yang tidak berguna seperti membeli sebuah mobil yang mewah sehingga Anda harus mengeluarkan uang yang cukup banyak. Kebutuhan yang sangat mendasarlah yang sebaiknya Anda pikirkan dahulu baru kemudian kebutuhan-kebutuhan tambahan lainnya jika masih mencukupi.

Baca juga : Hak Dan Kewajiban Suami Terhadap Istri Dan Sebaliknya

  • Selain itu Anda juga sebaiknya selalu sedekah, di mana membagikan sebagian rezeki dari penghasilan merupakan hak bagi para orang yang kurang mampu. Biaya yang dikeluarkan untuk bersedekah yaitu 25 persen dari penghasilan Anda. Atau Anda juga bisa memberikan sebagian uang kepada fakir miskin di jalan atau memberi sumbangan ke tempat-tempat ibadah seperti masjid. Hal ini juga sangat berguna untuk mendidik anak Anda agar kelak dewasa untuk senantiasa bersedekah.Dengan bersedekah tersebut maka penghasilan Anda juga akan barokkah karena dapat membagikan kepada orang-orang yang kurang mampu.
  • Sisihkan sebagian penghasilan Anda untuk ditabung, tabungan tersebut sangat bermanfaat jika suatu saat Anda membutuhkannya. Dengan menerapkan cara-cara dalam mengatur keuangan keluarga Anda akan lebih mudah memiliki keluarga yang samawa.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.