RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Tips Mengatasi Masuk Angin Dengan Cara Mudah Berikut Ini

Tips Mengatasi Masuk Angin. Bagi masyarakat Indonesia, masuk angin menjadi salah satu keluhan penyakit yang paling populer, dan bisa dipastikan hampir semua orang pernah mengalaminya. Definisi masuk angin, menurut ilmu medis adalah suatu kondisi dimana terdapat kumpulan gas di dalam tubuh yang penyebarannya tidak merata. Hal ini terjadi karena system imun dalam tubuh yang lemah.

Sebelum kita membahas cara Tips Mengatasi Masuk Angin, sebaiknya pahami dulu gejala dari penyakit ini, agar kita tak salah dalam mengidentifikasi keluhan yang terjadi, nah berikut beberapa gejala masuk angin yang sebaiknya anda ketahui. Apa saja?

  • Tubuh Kedinginan

Pernahkan tiba-tiba tubuh anda merasa kedinginan, padahal orang lain tak terlalu merasakannya? Jika iya, sangat mungkin itu adalah gejala masuk angin. Sering terpapar udara dingin di malam hari, terlebih saat system kekebalan tubuh lemah, akanĀ  memudahkan seseorang terkena masuk angin.

  • Perut Kembung, Mual dan Mulas

Jika perut terasa kembung, sudah dapat dipastikan bahwa banyaknya udara yang terkumpul ada dalam lambung. Dari perut kembung ini lalu berlanjut ke mual. Hal ini disebabkan udara dalam lambung yang terus menekan namun tidak dapat dikeluarkan. Dalam kondisi seperti ini, mengonsumsi makanan pun menjadi tidak enak karena kondisi perut sedang sangat tidak nyaman.

Tips Mengatasi Masuk Angin

Tips Mengatasi Masuk Angin

Namun bagaimanapun rasanya, perut tetap harus diisi makanan atau minuman agar lambung tidak hanya dipenuhi oleh udara. Setelah diisi makanan, udara didalam lambung akan saling menekan yang biasanya mengakibatkan perut mulas. Dan beberapa kondisi, hal tersebut berlanjut menjadi diare.

Baca juga : Pentingnya Cek Kolesterol Darah

  • Terasa Lemas dan Mudah Lelah

Badan mendadak lelah, lemas, juga menjadi gejala masuk angin, biasanya kondisi ini terjadi setelah terjadinya diare. Diare membuat tubuh kita kehilangan banyak cairan dan tenaga sehingga tubuh terasa mudah lelah dan lemas.

  • Keringat Dingin Keluar

Keringat dingin merupakan gejala yang sering dialami penderita masuk angin. Ini adalah salah satu respon dari tubuh anda yang memberikan pertanda bahwa anda akan terserang penyakit. Karena pada dasarnya keluarnya keringat dingin dikarenakan adanya penurunan daya tahan tubuh anda.

Tentunya, beragam gejala masuk angin diatas tidak boleh dianggap remeh. Karena jika tidak segera diatasi akan menyebabkan sakit yang lebih parah, bahkan tak jarang bisa berakibat fatal. Nah, berikut ini kami bagikan tips dalam mengatasi masuk angin secara cepat, efektif dan tuntas. Bagaimana caranya?

Tips Mengatasi Masuk Angin Dengan Mudah dan Cepat

  1. Mengkonsumsi Makanan atau Minuman Hangat

Factor utama pemicu masuk angin ialah udara dingin yang masuk dalam tubuh. Oleh karena itu, untuk melawan angina dingin tersebut kita bisa memanfaatkan makanan atau minuman yang hangat, misalnya sup ayam hangat, meminum jahe hangat, teh hangat dan masih banyak lagi.

  1. Terapi Koin atau Kerokan

Kerokan menjadi solusi populer dalam mengatasi masuk angin, khususnya oleh masyarakat kita. Karena faktanya, di luar negeri, metode kerokan ini sama sekali tidak dikenal. Lantas bagaimana caranya kerokan?

Prakteknya tentu sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskan balsam atau minyak kayu putih pada tubuh anda lalu mengeroknya dengan koin di area punggung, mulai dari atas ke bawah, hingga berubah warna menjadi merah.

Meskipun metode ini kurang direkomendasikan pihak medis, tapi faktanya kerokan memang sangat efektif dalam mengatasi masuk angin. Karena saat dikerok, tubuh mengeluarkan zat thiamin yang berguna untuk mengurangi rasa sakit. Selain itu kerokan juga diyakini lebih ampuh dari paracetamol 500 mg.

  1. Memanfaatkan Bawang Merah dan Bawang Putih (Untuk Masuk Angin Anak)

Selain minyak kayu putih, bawang merah juga bisa digunakan sebagai obat masuk angin untuk anak-anak. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan bawang merah lalu dioleskan merata ke perut, dada dan leher sikecil. Bawang merah ini akan membantu mengeluarkan angin pada tubuh sikecil.

Baca juga : Manfaat Penting Minum Air Putih Untuk Kesehatan

Untuk anda yang sudah dewasa, tentu bukan menggunakan bawang merah untuk mengatasi masuk angin. Namun dengan temannya, yaitu si bawang putih. Anda cukup memakannya dalam kondisi mentah ataupun dengan dimasak. Bawang putih ini berfungsi sebagai antibiotic dan anti oksidan alami.

Nah, itu dia beragam gejala dan Tips Mengatasi Masuk Angin dan cara mudah . Selain itu, pastikan untuk beristirahat yang cukup saat masuk angin mendera.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.