Tips Mengajarkan Sikap Pantang Menyerah Pada Anak Sejak Dini

Sikap optimis atau pantang menyerah merupakan salah satu sikap yang harus dilatih sejak dini. Ketika seseorang telah memiliki sikap pantang menyerah sejak dini, maka ia akan terus memiliki semangat dan terus berusaha untuk meraih sesuatu yang ingin dicapai. Dan sebagai orangtua yang baik, hendaknya anda mengetahui bagaimana cara mengajarkan sikap pantang menyerah tersebut kepada sang buah hati.

Nah, jika belum tahu caranya, berikut kami bagikan informasi tentang tips mengajarkan sikap pantang menyerah pada anak yang sebaiknya anda terapkan mulai sekarang.

8 Tips Mengajarkan Sikap Pantang Menyerah Pada Anak

Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa anda praktikkan untuk mengajarkan sikap pantang menyerah pada anak anda sejak dini. Apa saja?

  1. Membuat Target yang Bisa Digapai

Dalam mengajarkan sikap pantang menyerah,  jangan lupa untuk membuat target realistis yang dirasa mampu untuk digapai oleh anak anda. Buatlah target yang sederhana dan hindari target yang sulit untuk digapai. Karena hal itu hanya akan membuat anak merasa lelah dan mudah menyerah. Dan ketika target pertama sudah berhasil digapai, maka rancang sebuah rencana untuk membuat target baru kedua.

Tips Mengajarkan Sikap Pantang Menyerah Pada Anak Sejak Dini

Tips Mengajarkan Sikap Pantang Menyerah Pada Anak Sejak Dini

  1. Melatih Bakat Alami Anak

Tips berikutnya, anda harus selalu melatih kemampuan yang dimiliki anak. Sebagai orang tua, anda harus mengetahui apa bakat dan skill alami yang dimiliki sang anak. Sebisa mungkin terus kembangkan bakat tersebut. Dan ada kalanya ikutkan anak pada acara kompetisi atau perlombaan, guna mengembangkan kemampuannya sekaligus mengajarkan sifat pantang menyerah. Dengan motivasi yang tepat, anak akan berusaha maksimal dan tak kenal menyerah dalam meraih yang diinginkannya.

  1. Stimulasi Sesuai Dengan Usia Anak

Cara ketiga adalah, anda harus memberikan stimulasi yang sesuai dengan usia anak anda saat ini. Dan sebagai orangtua yang baik, jangan lupa untuk selalu mencatat apa saja perkembangan yang dimiliki oleh anak agar nantinya anda bisa mendidiknya sesuai dengan bakat dan usia yang dimiliki.

Baca juga : Mendidik Anak supaya Jujur Sejak Dini secara Efektif

  1. Menghargai Usaha Anak

Tips selanjutnya adalah selalu menghargai apapun usaha yang anak lakukan saat ia berusaha meraih tujuan yang ingin dicapainya. Ketika anda menghargai usahanya, maka mereka akan merasa lebih termotivasi, yang mana hal tersebut bisa memunculkan semangat yang menggebu dan menguatkan sifat pantang menyerahnya.

  1. Berlatih Untuk Menghadapi Segala Situasi

Tips kelima adalah selalu latih anak anda untuk menghadapi tantangan atau masalah di berbagai situasi. Misalkan anda melatih anak untuk menghadapi satu kondisi di mana di dalamnya terdapat suatu risiko dan kegagalan. Latihan seperti itu menjadikan anak tidak gampang putus asa dan akan selalu merasa tertantang untuk menyelesaikan sesuatu.

  1. Hindari Mengatakan Dia tidak Bisa

Ketika seorang anak gagal, jangan pernah mengatakan bahwa ia tidak bisa. Karena hal itu masuk ke dalam pikiran anak dan ia akan terus mengingatnya. Lebih buruknya, anak akan sulit untuk melangkah maju untuk mencapai suatu target yang ia inginkan, karena terdoktrin ungkapan negatif yang anda lontarkan tersebut.

  1. Menjadi Panutan Untuk Anak

Sebagai orangtua yang baik hendaknya anda bisa menjadi contoh dan panutan yang baik untuk anak. Anda sebagai orangtua bisa menceritakan hal-hal positif kepada anak sehingga nantinya anak memiliki sikap positif terhadap segala sesuatu yang ingin dicapainya.

  1. Ajak Untuk Mendekatkan Diri Pada Tuhan

Tips yang terakhir dalam mengajarkan sifat pantang menyerah adalah dengan selalu mengajarkan kepada anak bahwa yang bisa menentukan usahanya berhasil atau tidak adalah Tuhan. Ajarkan kepada mereka jika mereka selalu mendekatkan diri kepada Tuhan dan meminta apa yang dimau, maka Tuhan akan memberikan yang diinginkan, dengan catatan kita harus berusaha dengan maksimal terlebih dulu.

Baca juga : Tips Mengajarkan Anak Agar Pandai Bersyukur

Itulah diatas beberapa tips mengajarkan sikap pantang menyerah pada anak sejak dini. Semoga tips-tips di atas bisa membantu anda sebagai orangtua yang ingin mecetak generasi terbaik dan berprestasi di masa depan.

Leave a Reply