Tips Mengajarkan Anak Hidup Hemat

0
11

Menjadi orang tua memang bukan hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus anda ajarkan kepada anak anda salah satunya ialah mengajarkan anak hidup hemat. Saat ini, dengan zaman yang makin modern, kehidupan yang konsumtif menjadi hal yang umum. Namun, tahukah anda jika hal tersebut memicu orang menjadi boros? Agar anak anda terhindar dari kebiasaan konsumtif yang membuat mereka boros inilah anda sebaiknya ajarkan anak agar hidup hemat. Lalu, apa saja hal yang dapat anda lakukan? Simak saja ulasan lengkapnya seperti yang ada di paragraf berikut.

  • Berikan contoh

Agar anak anda tidak menjadi pribadi yang boros, maka tips pertama yang dapat anda lakukan adalah anda memberi contoh. Anak memang akan lebih cepat paham tentang bagaimana berhemat dengan melihat orang tuanya. Jadi, anda tentu saja harus tahu bagaimana cara berhemat.

Tips Mengajarkan Anak Hidup Hemat
Tips Mengajarkan Anak Hidup Hemat
  • Ajarkan jika uang saku jangan dihabiskan

Untuk cara lainnya ialah anda ajarkan agar uang saku yang diberikan kepada anak jangan dihabiskan. Berilah pengertian bahwa uang saku tersebut bisa anda sisihkan sebagian untuk ditabung. Dengan begitu anak anda bisa menghemat uang saku mereka.

Baca juga : Pentingnya membiasakan menabung pada anak sejak dini

  • Ajarkan anak agar bisa mengambil keputusan

Tips mengajarkan anak hidup hemat lainnya yaitu anda mengajarkan bagaimana mengambil keputusan yang tepat. Mengajarkan hak ini sedari kecil akan membiasakan anak anda untuk ambil keputusan mengenai keuangan.

  • Ajarkan memahami perbedaan “keinginan” dan “kebutuhan”

Keinginan dan kebutuhan adalah dua hal yang berbeda. Keinginan tidak selalu harus dipenuhi, dan sedangkan kebutuhan merupakan sesuatu yang wajib terpenuhi. Inilah hak yang sebaiknya anda ajarkan kepada anak agar mereka bisa belajar hidup hemat.

  • Ajarkan anak untuk lebih kreatif

Agar anak tidak boros misalnya ingin beli mainan yang banyak, anda bisa siasati dengan ajarkan untuk membuat mainan mereka sendiri.

Jadi, ada empat poin yang bisa anda lakukan untuk mengajarkan anak hidup hemat. Tips-tips di atas tentu saja akan sangat baik untuk perkembangan anak di masa depan sebab mereka telah memahami bagaimana cara berhemat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.