Tips Mengajarkan Anak Agar Pandai Bersyukur

KeluargaSamawa.com – Orang yang pandai bersyukur biasanya cenderung memiliki hati yang tenang. Makanya tidak heran jika kemudian sikap pandai bersyukur ini memiliki dampak yang sangat baik untuk kesehatan, dan sebagai orang tua, tentu kita ingin memiliki anak yang pandai bersyukur juga agar menjadi anak yang selalu ceria dan ┬ábahagia. Namun, bagaimana cara terbaik untuk bisa melatih rasa syukur pada sang anak? Nah, agar Anda semakin mudah dalam mengajarkan bab syukur kepada anak, yuk simak beberapa tips mengajarkan anak agar pandai bersyukur berikut ini.

  • Berbagi Cerita dengan Anak

Jika anak Anda sudah cukup mengerti untuk diajak berbicara mengenai masalah finansial, cobalah Anda berbagi cerita dengan mereka, terutama ceritakanlah bagaimana susahnya dan bagaimana Anda akhirnya mendapatkan uang untuk mereka. Lebih dari itu tekankan pula bahwa salah satu bentuk syukur atas apa yang dimiliki oleh mereka adalah dengan mempergunakannya atau membelanjakannya dengan baik sesuai dengan tuntunan syariat.

Sesekali Anda bisa mengajak anak Anda untuk menelaah kehidupan sekitar, ajarkan kepada mereka bahwa tidak semua orang memiliki keberuntungan seperti mereka.

  • Ajarkan Anak untuk Mensyukuri Hal-Hal Kecil yang Mungkin tidak Disadari Olehnya

Tips yang kedua adalah dengan mengajarkan anak untuk bersyukur terhadap hal-hal yang sifatnya kecil yang bisa saja luput dari perhatian anak, misalnya setelah selesai makan, saat pulang dari sekolah ataupun yang lain-lainnya. Lakukan hal ini secara rutin agar anak peka dan lekas menyadari bahwa ada sekali banyak hal kecil yang juga patut untuk disyukuri.

  • Buatlah Pelajaran Bersyukur Menjadi Hal yang Menyenangkan

Jika Anda menyampaikan ilmu tentang bersyukur ini dengan cara yang biasa sepertinya anak-anak akan lekas bosan. Solusinya tentu saja dengan membuat suasana yang menyenangkan, misalnya sambil membuat permainan, menonton film bersama ataupun kegiatan yang lainnya.

Baca juga : Mendidik Anak supaya Jujur Sejak Dini secara Efektif

  • Latihlah Kesabaran Anak

Nah, Anda sebagai orang tua juga harus melatih kesabaran anak, agar anak Anda tidak mudah emosi saat menghadapi suatu masalah. Jika kesabaran ini sudah Anda latih sejak dini pada anak, maka besar kemungkinan anak Anda juga akan bersyukur dengan kesabarannya.

Tips Mengajarkan Anak Agar Pandai Bersyukur

Tips Mengajarkan Anak Agar Pandai Bersyukur

  • Ajak Anak untuk Melakukan Amal

Nah, saat Anda memiliki rencana untuk beramal, misalnya menyumbang ke panti asuhan, Anda bisa mengajak anak Anda untuk berpartisipasi dengan menyumbangkan pakaian atau mainan miliki mereka yang sudah tidak digunakan lagi. Jika memang dirasa perlu, Anda bisa melakukannya secara teratur, baik itu dimulai dari mimilah barang yang hendak disumbangkan hingga proses pengiriman barang.

  • Berikan Contoh kepada Anak

Memberikan pelajaran pada anak soal kebaikan tentu harus dibarengi dengan pemberian contoh dari orang tua, demikian pula dengan bersyukur. Anda harus memberikan contoh perilaku bersyukur ini kepada anak secara berulang-ulang dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Tips Mendidik Anak supaya Berakhlak Mulia

Nah, itu dia 6 tips mengajarkan anak agar pandai bersyukur yang bisa Anda praktekkan. Memang ini bukanlah hal yang mudah, tetapi selama Anda rajin dan konsisten melakukannya, lambat laun akan berhasil juga. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply