Tips Mengajari Anak Agar Bisa Membaca Al-Qur’an dengan Cepat

Memiliki anak merupakan karunia yang sangat besar, namun di samping itu, saat memiliki anak, maka amanah kita pun akan semakin berat. Sebagai orang tua, kita tidak hanya dituntut memenuhi kebutuhan lahiriah sang anak, yang hanya berkutat tentang makanan dan pakaian saja, karena kita pun dituntut memberikan pendidikan terbaik, salah satunya mengajarkan anak membaca Al-Qur’an.

Untuk sebagian orang tua, mengajarkan Al-Qur’an menjadi satu aktivitas yang memusingkan, sehingga pengajaran Al-Qur’an mereka serahkan sepenuhnya ke guru ngaji. Nah, kira-kira bagaimana ya tips supaya kita bisa mengajarkan Al-Qur’an kepada anak dan dapat diserap dengan cepat?

  • Memperdengarkan Al-Qur’an Sejak Anak Berada di Dalam Kandungan

Agar lisan anak mudah mengucapkan ayat-ayat di dalam Al-Qur’an, maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperdengarkan Al-Qur’an setiap hari, dimulai sejak anak masih berada di dalam kandungan. Jika yang pertama dan yang sering didengar anak adalah Al-Qur’an, maka ia akan lebih mudah mencintai Al-Qur’an dan mencintai semua aktvitas yang berkaitan dengan mempelajari Al-Qur’an.

Baca juga : Manfaat Membaca dan Mendengarkan Ayat Al-Qur’an

  • Menggunakan Metode yang Menyenangkan Saat Mengajarkan Al-Qur’an

Masa kanak-kanak adalah masanya bermain, oleh karena itu kegiatan pembelajaran Al-Qur’an pun harus di desain agar menyenangkan, sehingga mereka menikmati belajar sama halnya dengan mereka menikmati aktivitas bermain. Jika Anda mengajarkan anak dengan penuh ancaman, maka anak akan selalu punya alasan untuk menghindar dari belajar Al-Qur’an.

  • Melatih Anak Membaca Al-Qur’an Secara Rutin

Suatu keterampilan akan mahir kita lakukan jika dilakukan berulangkali. Begitupun dengan keterampilan membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, agar anak Anda bisa mahir dengan cepat membaca Al-Qur’an, maka Anda perlu melatih anak Anda secara rutin. Jika proses latihan dilakukan secara terus menerus, maka lambat laun anak akan semakin terampil membaca Al-Qur’an.

  • Menceritakan Kisah-Kisah Sahabat

Agar anak selalu termotivasi belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an, maka Anda bisa menceritakan kisah-kisah sahabat ketika mereka belajar Al-Qur’an, dan jangan lupa ceritakan juga keutamaan membaca dan menghafal Al-Qur’an kepada anak-anak Anda. Dengan cara ini diharapkan anak Anda akan selalu semangat untuk belajar membaca Al-Qur’an.

Jika semangat anak anda belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an sudah muncul dari dalam dirinya, maka ia akan lebih sungguh-sungguh dalam belajar. Dengan kesungguhan belajar itulah, anak Anda akan mudah menjalani proses belajar.

  • Sabar dengan Proses Belajar Anak

Sebagai orang tua yang sedang membantu anaknya dalam berlatih membaca Al-Qur’an, maka orang tua perlu bersabar dengan proses belajar anak. Ingatlah, bahwa kemampuan belajar antara satu anak dan anak yang lain berbeda-beda. Sehingga Anda perlu bersabar agar tidak membandingkannya dengan proses belajar anak lain. Selain itu, percayalah bahwa anak Anda bisa membaca Al-Qur’an jika belajar dengan sungguh-sungguh.

Baca juga : Tips Yang Benar Dalam Mengajari Anak Sholat Menurut Tahapan Umurnya

Nah, silahkan mencoba cara agar anak bisa membaca Al-Qur’an dengan cepat di atas, dan semoga sukses.

Leave a Reply