LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Mendidik Anak Supaya Menjadi Anak Yang Soleh Dan Sholehah

Dalam mendidik anak agar menjadi anak yang soleh dan sholehah, Anda haruslah bersabar dan senantiasa berdoa kepada Allah untuk diberikan keturunan yang baik. Anak yang soleh serta sholehah merupakan dambaan bagi semua orang tua.

Dalam proses untuk mendidiknya tersebut memang sangat sulit karena anak-anak juga memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada kalanya mereka melakukan suatu kesalahan serta sangat sulit untuk diperintah. Dunia anak-anak memang sedang mengalami perubahan yang tergantung bagaimana cara Anda mendidiknya. Jika Anda senantiasa bersabar serta mengikuti segala ajaran yang sudah diatur seperti ajaran-ajaran Rasulullah yang sangat baik.

Tips Mendidik Anak Supaya Menjadi Anak Yang Soleh Dan Sholehah

Tips Mendidik Anak Supaya Menjadi Anak Yang Soleh Dan Sholehah

Cara mendidik anak dengan kekerasan serta kata-kata yang kasar sangatlah menyimpang dengan ajaran yang baik menurut Rasulullah.Selain kata-kata kasar tersebut malah justru membuat Anda menjadi berdosa karena tidak dapat mengendalikan amarnya dengan baik.

Baca Juga : Tips Mengajarkan Anak Hidup Hemat

Namun juga hal tersebut akan sangat sulit untuk mendidik anak Anda agar menjadi anak yang soleh dan sholehah. Untuk itu Anda perlu mengetahui caranya dengan baik, salah satunya yaitu :

  • Senantiasa memberikan ajaran-ajaran yang sesuai dengan syariat Islam sejak kecil sehingga anak Anda sudah terbiasa dengan aturan-aturan yang baik serta harus mereka jalankan sesuai dengan ajaran Rasulullah.
  • Agar memiliki anak yang soleh Anda juga senantiasa memberikan contoh-contoh perilaku yang baik. Sehingga anak Anda juga akan mencontohnya, misalnya Anda mencontohnya dengan perilaku disiplin, rajin belajar serta rajin beribadah.
  • Dalam menjalankan ibadahnya, sebaiknya sedari dini Anda sudah ajarkan anak untuk selalu bangun pagi dan melaksanakan ibadah sholat subuh. Setelah itu ajarkan juga untuk selalu membaca kitab suci Alquran secara rutin.
  • Di saat anak beranjak usia dewasa maka Anda juga akan ekstra hati-hati dalam mendidik anak Anda. Berikanlah pendidikan cara bergaul yang baik sehingga anak tidak akan terjerumus ke dalam jalan yang sesat.
  • Sejak kecil terapkan anak Anda untuk selalu menjaga harga diri serta menjaga auratnya. Selain itu perhatikan tontonan yang sering Anak lihat misalnya di televisi, sebab kebanyakan tontonan di zaman sekarang ini sangat menyimpang dengan ajaran Islam yang benar.
  • Didiklah anak Anda sedini mungkin dengan ajaran-ajaran Islam yang sesuai dengan aturan sehingga keinginan memiliki anak yang soleh dan sholehah akan sangat mudah

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.