Tips Mendidik Anak supaya Berakhlak Mulia

KeluargaSamawa.com – Bagaimana cara mendidik anak supaya berakhlak mulia? Memiliki anak yang berakhlak mulia adalah sesuatu yang sungguh tak ternilai harganya. Namun perlu dipahami bahwa akhlak anak ini merupakan perpaduan antara lingkungan dengan peran orang tuanya, dan jelaslah akhlak mulia pada anak bukan hal yang mudah selayaknya saat kita hendak membalikkan telapak tangan.

Tetapi, sekalipun ini bukanlah perkara yang mudah, orang tua wajib memberikan bimbingan dan didikan pada anak-anaknya agar mereka memiliki akhlak yang mulia. Ada banyak cara yang bisa ditempuh oleh para orang tua untuk tujuan tersebut, dan dari sekian cara yang ada, kami telah merangkumnya dalam pembahasan berikut ini.

 Cara Mendidik Anak supaya Berakhlak Mulia :

  • Mengajarkan Iman serta Akidah

Sedari dini orang tua memang sebaiknya sudah mengajarkan iman serta akidah kepada anak. Apakah ini perlu? Jelas perlu karena iman dan akidah inilah yang akan menjadi bekal anak saat dewasa nanti. Selain itu, iman dan akidah juga akan membantu serta membimbing anak di dalam menghadapi masalah duniawi serta cobaan yang ada di hidupnya kelak.

Baca juga : 6 Rukun Iman dan Maknanya

  • Memberikan Pelajaran Mengenai Agama

Saat masa pertumbuhan anak, orang tua juga wajib memberikan pelajaran soal ilmu agama, karena selain iman dan akidah, ilmu agama juga akan menjadi bekal untuk anak serta bisa menjadi pahala yang berjalan untuk orang tua.

Nah, bila orang tua tidak mampu melakukan hal ini, orang tua bisa memasukkan anak ke pesantren atau ke sekolah-sekolah yang berbasis agama.

Tips Mendidik Anak supaya Berakhlak Mulia

Tips Mendidik Anak supaya Berakhlak Mulia

  • Jauhkan Diri dari Taklid Buta atau Peniruan

Apa maksudnya? Jadi, orang tua hendaknya turut serta memperhatikan gaya hidup anak, kalau bisa ambil peran juga di dalam menentukan apa yang seharusnya anak ‘ambil’ dari orang asing yang baru dikenalnya dan apa yang harus ditinggalkannya.

  • Jangan Biarkan Anak Tenggelam dalam Kesenangan

Meskipun Anda adalah orang tua yang kaya, yang mampu memberikan segalanya kepada anak, tetapi jangan sampai Anda membiarkan anak Anda terlalu larut dalam kesenangan. Artinya, jangan biarkan anak Anda sampai berfoya-foya dan memanjakannya dengan berbagai fasilitas yang berlebihan karena hal ini sedikit banyak bisa membuat anak Anda tumbuh sebagai orang yang cengeng, mengandalkan orang tua, tidak memiliki pendirian tetap serta bisa mendatangkan berbagai penyakit.

  • Berikan Contoh yang Baik pada Anak

Teori apapun yang orang tua baca mengenai cara-cara mendidik anak supaya berakhlak mulia rupanya akan menjadi hal yang sia-sia jika orang tua tidak menerapkannya dalam kehidupan anak sekaligus memberikan contoh yang baik pada anak.

Jadi, jika orang tua memberikan pelajaran mengenai jangan berbohong atau beribadahlah dengan baik dan benar, otomatis orang tua pun harus melakukan yang demikian. Apalagi jika anak masih kecil, otomatis apa yang dilakukan oleh orang tua, biasanya itulah yang langsung dicontohnya.

Baca juga : Kewajiban Orang Tua kepada Anak dalam Islam

Nah, itulah diatas cara dalam mendidik anak supaya berakhlak mulia yang bisa dipraktekkan oleh para orang tua. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply