Tips Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus agar Menjadi Anak Spesial

0
12

Anak merupakan anugrah yang terindah bagi semua pasangan suami istri yang menikah dengan berdasarkan landasan cinta. Anak merupakan titipan Tuhan yang harus senantiasa dijaga dan dididik dengan baik agar tumbuh dengan baik. Namun, bagaimana jika ternyata keluarga anda memiliki anak dalam kategori berkebutuhan khusus?

Tentunya kita sebagai manusia bijak harus menerimanya dengan lapangdada. Dan berusaha merawat dan mendidiknya dengan penuh kasih sayang tanpa membeda-bedakan dengan saudaranya yang lain. Memang, dalam merawat dan mendidik anak bekebutuhan khusus memerlukan penanganan dan kesabaran yang ekstra. Dan untuk menguatkan anda, idealnya selalu ingat, bahwa anak merupakan titipan dari Allah, dan Allah mempercayakan kita anak dengan kondisi spesial tersebut, karena pastinya ada hikmah besar dibalik itu, serta ada rencana indah-Nya yang tidak kita ketahui.

Nah, untuk membantu anda dalam merawat dan mendidik anak berkebutuhan khusus, berikut telah kami rangkum beberapa tips dan solusinya. Silahkan disimak.

  1. Temukan Dokter yang Aman

Untuk menangani anak berkebutuhan khusus diperlukan adanya seorang dokter. Anda sebaiknya memilih dokter yang aman dan nyaman untuk anak anda pastikan bahwa anak anda merasa nyaman saat diperiksa oleh dokternya. Dan jika si anak sudah merasa sangat nyaman dengan dokter tersebut, maka usahakan jangan menggantinya dengan dokter lain.

Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus
Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus
  1. Terbuka Kepada Anak

Sebagai orang tua yang baik terutama bunda, anda sebaiknya terbuka dan tidak malu apabila anda memiliki anak berkebutuhan khusus. Jangan menjadikan anak anda sebagai beban dan menjadikannya alasan anda malu mengakuinya di depan umum. Anda harus lebih terbuka juga kepada anak anda ketika anak anda memang memiliki kebutuhan khusus.

Pahamilah apa yang menjadi keinginannya. Biasanya anak berkebutuhan khusus seringkali memiliki satu potensi kelebihan. Apabila potensi ini diasah dengan baik maka tentunya anak anda bahkan lebih special dari anak normal.

Baca juga : Tips Mengajarkan Sikap Pantang Menyerah Pada Anak Sejak Dini

  1. Pengawasan Ketat

Anda harus melakukan pengawasan ketat terhadap anak anda. Pengertian pengawasan ketat yaitu melakukan pengawasan terhadap tumbuh kembang fisik dan mentalnya. Apabila terdapat beberapa masalah yang tidak bisa anda tangani, segeralah untuk berkonsultasi ke psikolog dan dokter.

  1. Komunikasi yang Baik

Anak yang memiliki kebutuhan khusus sebaiknya perkembangannya diawasi oleh dokter, psikiater, dan juga pihak sekolah yang terkait. Oleh karena itu, sebagai orang tua yang baik anda sebaiknya sering menjalin komunikasi dan kerjasama dengan para pihak terkait tersebut. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi masalah dengan pertumbuhan mental dan fisiknya.

  1. Mengontrol Kejiwaan Anda

Bukan hanya mengawasi, mempersiapkan, dan memperhatikan si anak saja. Namun, anda juga harus mempersiapkan diri anda secara fisik dan mental. Apabila mental anda tidak siap maka, anda akan merasa terbebani dan mengganggu kesehatan kejiwaan anda. Sehingga jangan lupa untuk mempersiapkan diri anda dan menjadi orang tua yang baik agar dapat mendidik anak anda dari yang berkebutuhan khusus menjadi anak special.

  1. Jangan Pernah Untuk Membedakan Dengan Saudara Yang Lain

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, perlakukan setiap anak dengan seadil-adilnya tanpa membedakan dengan saudara yang lain. Tetap berikan kasih sayang, perhatian, dan perlakuan yang sama dengan anak anda yang terlahir normal. Jangan pernah meremehkannya dan biarkan dia mandiri dengan tetap dibawah pengawasan anda.

Baca juga : Tips Meningkatkan Semangat Belajar Pada Diri Sendiri Dijamin Berhasil

Itulah tips dan trik untuk mendidik anak berkebutuhan khusus agar dia bisa menggali potensinya menjadi anak yang special. Sebagai orang tua, anda harus selalu mensupport dan memberikan dia kenyamanan dan keadilan dalam mendidiknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.