LiburanLiburan Asik !!

Tips Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri

Siapa sih yang tidak ingin kuliah dan mendapatkan beasiswa ke luar negeri? Dengan kuliah di luar negeri Anda tidak hanya akan mendapatkan keilmuan dan gelar yang Anda butuhkan saja, tapi tentunya lebih dari itu. Saat Anda kuliah di luar negeri, maka Anda pun akan semakin mahir menggunakan bahasa asing, mengenal budaya negeri tempat Anda kuliah dan membuat mental Anda kuat karena jauh dari keluarga.

Lantas, bagaimana caranya mendapatkan beasiswa ke luar negeri ya? Berikut jawabannya.

Tips Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri :

  • Menguatkan Tekad untuk Kuliah di Luar Negeri

Sebelum Anda merealisasikan mimpi untuk kuliah di luar negeri dan mencari beasiswa, maka yang pertama kali perlu Anda lakukan adalah menguatkan tekad atau niat. Carilah alasan yang membuat Anda kuat, sehingga sekalipun Anda merasa terpuruk karena berkali-kali gagal mendapatkan beasiswa, tapi Anda tidak pernah mengalami yang namanya putus asa.

Baca juga : Tips Memilih Tempat Kuliah dan Jurusan yang Tepat

Tips Mendapatkan Beasiswa Keluar Negeri
Tips Mendapatkan Beasiswa Keluar Negeri
  • Mematangkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, maka banyak pemberi beasiswa yang memberi syarat toefl yang tinggi dan kemampuan berbicara dalam bahasa inggris yang mumpuni. Oleh karena itu, agar Anda bisa lolos mendapatkan beasiswa, maka dari jauh-jauh hari persiapkanlah kemampuan bahasa inggris Anda. Entah itu dengan mengikuti kursus bahasa inggris secara intensif ataupun dengan belajar otodidak bersama teman.

  • Menjalin Hubungan Pertemanan Dengan Mereka yang Sudah Kuliah di Luar Negeri

Untuk mendapatkan informasi beasiswa dan mendapatkan informasi mengenai kehidupan perkuliahan di berbagai negara, maka Anda perlu menjalin pertemanan dengan mereka yang sudah terlebih dahulu kuliah di luar negeri. Banyak dari  mereka yang sangat senang membagi pengalamannya ketika mencari beasiswa.

  • Aktif di Berbagai Organisasi

Jika Anda ingin mendapatkan beasiswa, maka aktiflah berorganisasi. Dengan aktif berorganisasi, maka pemberi beasiswa cenderung lebih mempertimbangkannya, dibandingkan mereka yang hanya berkutat dengan perkuliahan saja selama di perguruan tinggi sebelumnya. Ini disebabkan orang yang sering berorganisasi itu cenderung lebih bisa mengatur waktu dengan baik, lebih inovatif dan lebih mudah beradaptasi.

  • Menyiapkan CV yang Menunjukkan Kompetensi Anda Secara Jelas

Pemberi beasiswa akan memberikan beasiswa pada seseorang, tentunya dengan melihat CV yang Anda lampirkan di berkas pengajuan beasiswa. Oleh karena itu, buatlah CV sebaik mungkin. Tulislah kompetensi yang Anda miliki secara jelas di dalam CV anda. Dengan begitu Anda memiliki nilai lebih dimata pemberi beasiswa.

  • Memilih Kampus yang Tepat

Saat mengajukan beasiswa, maka Anda perlu memilih kampus yang tepat. Pastikan bahwa kampus yang Anda pilih merupakan salah satu kampus yang terdaftar di program beasiswa yang Anda ajukan. Selain itu, Anda pun perlu mempertimbangkan besar dana beasiswa yang akan Anda dapat, dengan pengeluaran Anda jika memilih kampus tertentu.

Baca juga : Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Demikianlah beberapa tips yang bisa membuka peluang Anda untuk bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri. So, selamat mencoba dan jangan mudah menyerah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.