LiburanLiburan Asik !!

Tips mencegah serangan dari tomcat

Akhir-ahir ini sedang rame tentang adanya serangan dari serangga kecil yang namanya paederus fuscipes atau bisa disebut tomcat. Emang serangga kecil namun bisa mengeluarkan racun yang bisa menyebabkan kulit kita menjadi merah, panas, perih, melepuh seperti terkena luka bakar bahkan yang paling saya takuti dari racun serangga ini yaitu bekasnya agak sulit dan lama hilangnya.
Sering kita mendengar pepatah ” lebih baik mencegah dari pada mengobati “. Dari pada kita terkena serangan dari tomcat lebih baik kita cegah supaya jangan sampai terkena serangga kecil ini.
Berikut tips mencegah serangan dari tomcat :
Serangga ini memiliki sayap dan bisanya akan terbang  pada malam hari ke tempat-tempat yang bercahaya terang.
  • Pada sore hari segera tutuplah pintu dan jendela rumah dengan rapat, jangan sampai terbuka.
  • Jangan tidur dekat lampu yang terang karena seranga ini akan berkumpul di tempat yang bercahaya terang.
  • Jika tomcat menempel pada kulit kita jangan langsung di pencet/dibunuh tapi harus segera pindahkan jangan lama-lama karena nanti akan  mengeluarkan racunnya segera tiup/atau di jatuhkan ke lantai baru di bunuh dengan perantara benda lain karena ada racun yang bisa menempel pada kulit kita jika langsung dipencet.
  • Periksa pakaian, handuk yang akan kita gunakan, ditakutkan ada tomcat pada pakaian kita, bahaya bisa-bisa kulit kita menjadi sasaran empuk  buat tomcat.
  • Periksa tempat tidur, selimut dsb.
Seranga ini ada pada tanaman pertanian seperti di tanaman jagung namun memang jarang terlihat, dan jumlahnya sedikit pada waktu tertentu dan akan meningkat populasinya biasanya ketika akan menjelang panen.


 Terimakasih, semoga bermanfaat. Apa bila ada saran, masukan dan kritik silahkan berikan komentar !

14 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.