Tips Mencegah Kanker yang Terbukti Efektif

KeluargaSamawa.com –Kanker merupakan momok menakutkan bagi semua orang. Untuk itu, selain wajib mengetahui gejala atau tanda-tanda penyakit kanker tersebut sedini mungkin, kita juga harus mengetahui Tips Mencegah Kanker yang Terbukti Efektif.

Terlebih, seperti yang kita tahu, pengobatan untuk penyakit kanker sendiri tergolong cukup mahal, jadi tentunya tindakan pencegahan pastinya lebih baik daripada mengobati.  Lantas, bagaimana tips mencegah kanker yang efektif tersebut?

  1. Rajin Mengkonsumsi Kopi

Kopi adalah minuman yang sangat digemari oleh banyak pria karena dalam kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan hormone adrenalin tubuh dan menghilangkan rasa kantuk. Manfaat kopi bukan hanya itu saja. Ternyata terdapat penelitian dari Italia yang mengungkap bahwa kopi dapat mencegah kanker prostat pada pria. Hal ini dikarenakan kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi proliferasi sel kanker prostat.

Apa Itu Penyakit Kanker

Apa Itu Penyakit Kanker

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan

Tips mencegah kanker selanjutnya, yang terbukti ampuh adalah dengan banyak mengkonsumsi asupan yang kaya antioksidan, seperti misalnya manggis, buah naga, dan sayur mayur. Antioksidan diyakini ampuh mencegah tumbuhnya sel kanker dikarenakan antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang ada pada tubuh kita. Sehingga dengan meminimalisir kandungan radikal bebas pada tubuh, maka pertumbuhan sel tumor abnormal akan terminimalisir juga.

  1. Biasakan Untuk Sering Tertawa, Berbahagialah!

Dengan tertawa maka kita dapat mengurangi stress pada diri kita. Apabila diri kita dalam keadaan bahagia dan tidak stress, maka dapat mengeluarkan zat endorphin. Zat endorphin dipercaya mampu untuk mencegah produksi sel-sel T yang dapat menyebabkan kanker.

  1. Meminimalisir Segala Macam Hal Penyebab Karsinogen

Karsinogen adalah zat yang dapat menyebabkan tumbuhnya sel-sel kanker.  Penyebab karsinogen ada berbagai macam seperti parfum, penyegar ruangan, lilin yang wangi, dry cleaning, dan paparan sinar UV (matahari). Maka dari itu kurangilah penggunaan barang-barang tersebut.

  1. Mengkonsumsi Sayuran Tumis Daripada Sayuran Rebus

Sebuah penelitian baru dari medicaldaily.com mengemukakan fakta bahwa sayuran yang ditumis dengan minyak zaitun lebih efektif mencegah kanker daripada sayuran rebus. Hal ini dikarenakan sayuran yang ditumis dengan minyak zaitu memiliki kandungan fenol lebih banyak dari pada direbus.

Minyak mampu menyalurkan panas dengan cara yang berbeda dengan air. Penyaluran panas tersebut dapat mempertinggi kandungan fraksi fenol (salah satu proses kimia yang bertujuan untuk melepaskan fenol dalam makanan).

  1. Perbanyak Mengkonsumsi Sambal

Selain rasanya yang menggugah selera makan, ternyata sambal juga dapat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. David Popovich menjelaskan bahwa pada sambal terdapat zat bernama capsaisin. Capsaisin dapat memicu daur ulang sel mati menjadi sel baru (apoptosis).

Baca juga : Gejala-gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Demikianlah diatas beberapa tips mencegah penyakit kanker. Jangan lupa untuk selalu menjalani pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan berolahragasecara teratur agar sel-sel kanker tidak mau bersinggah di tubuh kita.

 

Leave a Reply