Tips Mencegah Hipertensi dengan Mudah

0
10

Hipertensi bukanlah suatu istilah yang baru di dunia kesehatan, tapi faktanya, sekalipun bukan suatu istilah baru, tetap saja hipertensi ini menjadi kondisi yang cukup menakutkan karena bisa saja menimbulkan penyakit lain yang jauh lebih berbahaya, seperti misalnya stroke, serangan jantung, gagal jantung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penyakit ini tidak datang begitu saja, tetapi ada beberapa faktor yang memicunya. Memahami berbagai faktor pemicu adalah salah satu langkah penting untuk mencegah hipertensi. Karena dengan memahami faktor penyebab tersebut, kita bisa menghindari hal-hal yang dapat memicu timbulnya hipertensi.

Nah di bawah ini adalah beberapa hal ampuh yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hipertensi datang menyerang anda. Silahkan disimak dan praktekkan dari sekarang.

  • Kontrol Berat Badan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah hipertensi adalah dengan mengontrol berat badan. Karena kenaikan berat badan ini akan diikuti oleh peningkatan tekanan darah. Sehingga jika kebetulan Anda mengalami kenaikan berat badan apalagi jika sampai melebihi berat badan ideal, sebaiknya Anda segera memprogram dan melakukan cara sehat untuk penurunan berat badan.

Tips Mencegah Hipertensi dengan Mudah
Tips Mencegah Hipertensi dengan Mudah
  • Rubah Pola Makan

Jika sebelumnya Anda memiliki pola makan yang kurang baik, sebaiknya Anda segera merubahnya menjadi pola makan yang lebih baik. Cara ini juga manjur untuk mencegah hipertensi maupun penyakit yang lainnya. Jika Anda tidak bisa menghindari makanan berlemak, makanan olahan dan makanan yang berminyak, setidaknya Anda mengurangi porsinya seminimal mungkin.

  • Olahraga dan Tidur yang Cukup

Olahraga juga mampu menutunkan tekanan darah serta mempertahankan kondisi jantung dan pembuluh darah agar tetap dalam kondisi yang baik. Rutin melakukan olahraga dengan durasi yang relatif stabil tentu akan membantu Anda menjauhkan diri dari hipertensi. Dan sebaiknya ini juga diimbangi dengan istirahat dan tidur yang cukup agar badan Anda tidak kelelahan yang dapat memicu terjadinya stress yang bisa meningkatkan tekanan darah.

Baca juga : Pentingnya Menjaga Gula Darah

  • Kurangi Asupan Garam

Mengurangi asupan garam juga menjadi salah satu cara untuk mencegah hipertensi. Rekomendasi dari WHO, sebaiknya Anda mengkonsumsi garam ini tidak lebih dari 6 gram atau sekitar 1 sendok teh per harinya.

  • Hindari Alkohol, Rokok dan Kafein

Mengapa poin kelima ini perlu? Karena ketiga hal tersebut bisa memicu terjadinya hipertensi. Selain itu memang tiga hal tersebut kurang begitu baik untuk tubuh. Seperti rokok misalnya. Rokok ini memang tidak menyebabkan hipertensi secara langsung, tetapi meningkatkan resiko sakit jantung dan stroke, dan hal itu bisa memicu hipertensi.

Sedangkan kafein jika dikonsumsi dalam jumlah wajar memang tidak masalah, tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan apalagi setiap hari, resiko Anda untuk terkena hipertensi juga semakin besar, begitu pula dengan alkohol yang jelas-jelas tidak baik untuk kesehatan.

Nah, itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hippertensi. Semoga bermanfaat dan mari pertahankan kesehatan kita.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.