LiburanLiburan Asik !!

Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Sudah tidak perlu dipungkiri lagi bahwasanya pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan. Dan salah satu syarat yang harus dipenuhi agar anak bisa mengenyam pendidikan secara layak adalah adanya biaya atau dana yang cukup.

Permasalahan mengenai dana pendidikan ini pasti dialami oleh setiap orang tua. Sehingga ada baiknya, sebagai orang tua yang bijak, sudah mulai merencanakan dana pendidikan anak ini sejak dini sehingga kelak Anda sudah siap untuk memasukkan anak ke sekolah ataupun perguruan tinggi manapun yang diinginkannya.

Nah, di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips dalam mempersiapkan dana pendidikan untuk anak, sehingga Anda nantinya tidak terkungkung dalam masalah dana pendidikan.

  1. Hitung Estimasi Biaya yang Harus Dikeluarkan

Mengetahui berapa kisaran yang harus Anda keluarkan untuk pendidikan anak adalah hal yang penting, karena dengan memiliki pengeahuan dalam hal tersebut akan mempermudah Anda dalam menentukan berapa jumlah yang harus Anda kumpulkan.

Yang namanya estimasi atau perkiraan memang tidak selalu benar, apalagi biaya pendidikan yang hampir setiap tahun selalu mengalami kenaikan, belum lagi jika tempat tinggal anak Anda nantinya akan kos atau sewa.

Pastinya dengan Anda menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk pendidikan anak, tentunya akan mempermudah Anda untuk menghitung berapa banyak yang harus Anda sisihkan tanpa harus mengesampingkan kebutuhan yang lainnya.

Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak
Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

  1. Pilih  Instrumen Investasi / Keuangan yang Tepat

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan solusi tabungan untuk mempersiapkan biaya pendidikan buah hati Anda. Tapi yang harus di ingat, sebelum menginvestasikan uang, Anda investasikan dulu waktu anda untuk memilih perusahaan jasa asuransi atau perusahaan investasi yang tepat dengan track record yang bagus, dengan rata-rata tingkat pengembalian polis yang menguntungkan. Dan tentunya dengan resiko seminim mungkin.

  1. Bersikaplah Realistis

Pendidikan memang penting, tapi masih ada kebutuhan lain yang juga penting yang bahkan mungkin tidak Anda duga sebelumnya, perlu merenovasi rumah misalnya. Sehingga juga Anda perlu menyisihkan sebagian uang untuk kebutuhan yang semacam ini.

Bersikaplah realistis dengan kondisi Anda yang sekarang, karena bagaimanapun Anda nantinya akan dihadapkan dengan masalah lain yang membutuhkan biaya juga.

  1. Jangan Menunda Persiapan Dana Pendidikan Anak

Sebaiknya Anda juga tidak menunda-nunda dalam menyiapkan dana untuk pendidikan anak. Semakin dini Anda menyiapkan dana pendidikan ini maka Anda juga akan semakin cepat mencapai target.

  1. Konsisten dan Lakukan Evaluasi Pencapaian Target Secara Berkala

Konsistensi sangat dibutuhkan dalam hal ini agar target dapat tercapai. Tak hanya konsistensi, sebaiknya Anda juga melakukan evaluasi terhadap dana pendidikan yang telah Anda siapkan ini secara berkala, bisa per bulan atau per tahun.

Dengan begitu, bisa mempermudah Anda dalam mencapai target dan siapa tahu Anda beberapa waktu yang akan datang anda menerima kenaikan gaji, sehingga ke depannya Anda bisa menyisihkan uang lebih banyak untuk dana pendidikan buah hati Anda.

Oke, itulah 5 tips yang dapat Anda ikuti kaitannya dengan mempersiapkan dana pendidikan untuk anak tercinta anda.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.