Tips Melanjutkan Kuliah di luar Negeri

0
153

Saat ini, pendidikan bisa dibilang menjadi salah satu kebutuhan wajib, bagi setiap orang. Karena faktanya, pendidikan menjadi modal bagi kesuksesan kita dimasa depan. Untuk itu, tak salah jika anda punya cita-cita menuntut ilmu sampai ke negri China. Ya, meneruskan kuliah diluar negeri kedengarannya memang sangat keren. Selain bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik, tentunya ijazah yang kita miliki nantinya lebih diperhatikan.

Nah, untuk anda yang memutuskan melanjutkan kuliah ke luar negeri, berikut kami bagikan beberapa tips yang sebaiknya anda pahami dan terapkan. Supaya nanti saat disana anda tidak mendapatkan masalah berarti.

Tips Melanjutkan Kuliah di luar Negeri

  1. Mencari Informasi yang mendetail tentang kampus yang dituju

Informasi adalah yang paling penting untuk anda gali sebelum memutuskan akan melanjutkan kuliah di mana? Namun, sebelum membahas mengenai itu, tentu saja anda sudah harus menentukan, jurusan kuliah apa yang anda ambil. Baru setelah itu, anda tinggal memilih kampus yang didalamnya ada jurusan/fakultas yang anda minati tersebut.

Tips Melanjutkan Kuliah di luar Negeri
Tips Melanjutkan Kuliah di luar Negeri

Hal ini juga berlaku untuk anda yang ingin melanjutkan keluar negeri. Setelah anda menemukan kampus yang diinginkan, maka langkah selanjutnya, cari banyak-banyak informasi terkait kampus tersebut. Mulai dari alamatnya, lingkungannya bagaimana, tes masuknya seperti apa, dan lain-lain. Cari informasi semendetail mungkin, atau biar lebih yakin, anda bisa bertanya pada mahasiswa Indonesia yang ada disana.

  1. Menyiapkan biaya

Nah, ini tentu menjadi poin penting yang harus diketahui sekaligus disiapkan. Sebagaimana yang kita tahu, biaya kuliah saat ini sangat mahal, terlebih kuliah ke luar negeri. Tentunya bukan hanya biaya kuliah saja yang dipikirkan, tapi juga biaya hidup disana. Sebagai contoh, untuk berkuliah di University of cambridge, anda harus mengeluarkan biaya sekitar 49.000 poundsterling atau kurang lebih 958 juta untuk waktu pendidikan 12 bulan, sedangkan untuk berkuliah di Harvard University anda harus mengeluarkan biaya lebih besar lagi. Dan pastinya biaya itu, dari tahun ke tahun cenderung meningkat.

  1. Urus Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah syarat selanjutnya yang harus anda penuhi selain beberapa syarat yang kami sebutkan sebelumnya. Beberapa negara tujuan favorit mahasiswa Indonesia seperti Inggris, Amerika, dan Australia Asuransi kesehatan menjadi hal yang wajib dimiliki oleh para mahasiswa.

  1. Siapkan mental dan kemampuan bahasa yang memadai

Selain hal-hal yang bersifat administratif, tentunya anda juga menyiapkan dengan baik mental serta fisik anda. Tentunya, masalah mental sangat penting, sebab disana  situasi gaya hidup yang berlaku, pasti berbeda dengan di Indonesia.

Selain itu, kemampuan berkomunikasi atau berbahasa Inggris, menjadi hal wajib  yang harus dimiliki. Terlebih untuk negara tujuan  seperti Inggris, Amerika , Australia atau Canada. Jadi, jika dirasa belum mumpuni, tak ada salahnya untuk mengikuti kursus bahasa Inggris, atau bahasa lainnya yang disyaratkan.

  1. Pertimbangkan untuk kerja paruh waktu

Banyak mahasiswa luar negeri yang kuliah sambil bekerja paruh waktu untuk mendapatkan tambahan uang saku. Jadi, kenapa anda juga tak ikut mencoba. Selain bisa mengurangi beban orang tua, dengan bekerja parus waktu, pengalaman dan jaringan anda semakin banyak. Sangat mungkin hal ini menjadi batu loncatan untuk masa depan anda.

Baca juga : Tips Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri

Nah itu tadi beberapa Tips Melanjutkan Kuliah di luar Negeri yang bisa kami sampaikan, khusus untuk anda, yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.